Wow… 57 Ribu Napi Seluruh Indonesia Khataman Al-qur’an Serentak Hari Ini

Gerindra Nizar

SERANG – Sebanyak lebih dari 57 ribu narapidana di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) seluruh Indonesia, Kamis (20/4/2017) hari ini akan melakukan hataman Al-qur’an secara serentak.

Hal tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53 tahun 2017.

Dari sebanyak, 478 Rutan dan Lapas di seluruh Indonesia, Kemenkumham mengumpulkan 57.360 narapidana untuk mengaji bersama dan kegiatan tersebut. Dimana ini merupakan yang pertama di Indonesia sekaligus memecahkan rekor MURI.

Fraksi serang

Sementara itu, Dirjen Permasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham), I Wayan K Dusak mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka pembinaan jiwa narapidana yang sedang menjalani pembinaan di Lapas dan Rutan di seluruh Indonesia.

Fraksi

“Kita ingin ketika mereka (narapidana) keluar dari sini bisa jadi makhluk Allah yang suci lagi,” ungkapnya dalam video konference di Rutan Kelas II B Serang, Kamis (20/4/2017).

Lebih lanjut I Wayan berharap kegiatan hataman tersebut digelar rutin dan berkesinambungan.

“Kita berharap kegiatan mengaji secara nasional bisa dilakukan secara terus menurus,” imbuhnya.

Sementara itu dari Rutan Kelas IIB Kota Serang, ada sebanyak 330 napi laki-laki dan perempuan bersama pengurus Rutan yang mengikuti hataman Alqur’an.

“Respon napi dalam mengikuti kegiatan ini cukup baik, dari 501 orang total warga binaan disini 330 orang mengikuti kegiatan ini, kalau memungkinkan kita ingin semua ikut khataman ini,” katanya. (*)

Gerindra kuswandi