Wow … Ada WiFi Gratis Kecepatan 1Gbps di Alun-alun Kota Serang

Gerindra Nizar

SERANG – PT Telekomunikasi Indonesia (Tbk) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Serang, mewujudkan Kota Serang sebagai kota yang tanggap terhadap kemajuan teknologi informasi dengan pembangunan Taman Digital.

Pilot projectnya, Alun-alun Kota Serang kini disulap menjadi Taman Digital dilengkapi fasilitas Wifi Corner berlayanan gratis internet dengan kecepatan tinggi.

‘Pertama di Indonesia 1 Gbps’, begitu bunyi salah satu wallpaper yang terpampang pada salah satu sudut Wifi Corner di Alun-alun Kota Serang.

Fraksi serang

Taman Digital secara resmi dibuka oleh Walikota Serang Tb Haerul Jaman, Jumat (17/3/2017) lalu. Yang juga turut dihadiri Dir Consumer PT Telkom Dian Rachmawan, EVP Telkom Regional 2 Teuku Muda Nanta, GM Telkom Wilayah Banten Muskab Muzakkar dan sejumlah pejabat lainnya dari Telkom.

Taman Digital yang lahir atas ide Telkom dan Pemkot Serang saat pertemuan beberapa waktu lalu, diperuntukan bagi warga khususnya kawula muda yang ingin menikmati akses internet terjangkau dan cepat.

Menurut Walikota Serang Tb Haerul Jaman, masyarakat saat ini sangat membutuhkan koneksi internet yang tidak hanya sekadar tersambung, tetapi memiliki kecepatan tinggi. Pihaknya bekerja sama dengan Temkomsel untuk memenuhi kebutuhan itu, dan fasilitasnya gratis untuk masyarakat.

Fraksi

“Ini sebagai penunjang visi Serang Smart City yang sedang dibangun Kota Serang,” ungkapnya, Jumat.

Jaman mengungkapkan bahwa warga bisa menikmati keindahan taman, rekreasi keluarga sekaligus berselancar di dunia maya di Alun-alun yang merupakan fasilitas publik. Namun tetap harus diperhatikan kebersihan dan keindahan taman-tamannya.

Sementara Teuku Muda Nanta berharap taman digital di pusat Kota Serang dapat lebih saling bersinergi dan membangun Kota Serang yang lebih baik.

“Kami berharap taman digital dapat di akses dengan ratusan orang yang bersamaan sehingga taman digital ini akan mempermudah masyarakat mendapatkan informasi melalui internet,” ungkap Nanta.

Sementara GM Telkom Wilayah Banten Muskab Muzakkar mengungkapkan bahwa sebagai lembaga pemerintahan yang baik, PT Telkom dan Pemkot Serang berkomitmen untuk membangun daerah dan peningkatan kualitas Kota Serang.

“Dengan adanya taman digital, sebagai bentuk dukungan Pemkot Serang untuk memperluas jaringan internet agar bisa dinikmati oleh masyarakat,” ungkap Muskab. (*)

Gerindra kuswandi