Disbudpar Kota Tangerang Gelar Festival Mookervaart

pcm koperasi

 

TANGERANG – Meningkatkan kecintaan kepada budaya di Kota Tangerang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang menggelar Festival Mookervaart, yang akan dilaksanakan selama dua hari (14/10/2023) hingga (15/10/2023), bertempat di Taman Hutan Kota Tangerang.

Pembukaan Festival Mookervaart pada (14/10/23) dibuka langsung oleh Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, sekaligus launching Sarapan di Hutan Kota Tangerang.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang, Rizal Ridolloh menjelaskan bahwa Festival Mookervaart ini merupakan acara tahunan yang sebelumnya sudah dilaksanakan pada tahun 2022.

Hal tersebut terus dilaksanakan karena Festival Mookervaart ini merupakan suata kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan sejarah dan kebudayaan di Kota Tangerang yaitu Kali Mookervaart beserta pintu air.

Loading...

“Kali Mookervaart ini dibangun dari tahun 1678 sampai 1689 yang dipergunakan untuk mengalirkan sepertiga aliran Sungai Cisadane dan menghubungkannya dengan kanal-kanal di Kanal Batavia untuk menambah suplai air serta mengendalikan banjir. Sejarah seperti itulah yang perlu kita berikan kepada masyarakat Kota Tangerang. Tidak hanya bertujuan untuk mengenalkan tapi juga dapat melestarikannya,” jelas Rizal Ridolloh.

Pada Festival Mookervaart tahun ini juga terdapat berbagai kegiatan didalamnya antara ini, pameran batik, pameran lukis, lomba melukis, diskusi, papadangan bareng, aksi bersih-bersih Mookervaart, kemah budaya, dan berbagai penampilan seni Kota Tangerang. Kegiatan ini akan terus berlangsung hingga Minggu (15/10/2023) dan terbuka untuk umum.

“Semoga ke depannya masyarakat Kota Tangerang yang hanya mengetahui pintu air dan Taman Hutan Kota, namun disini terdapat juga Mookervaart yang penuh dengan sejarah. Lalu, semoga kebudayaan di Kota Tangerang terus terjaga dan dapat dilestarikan oleh masyarakat Kota Tangerang hingga cucu, cicit kedepannya. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikannya,” lanjutnya.

Sementara itu, salah satu warga Kota Tangerang, Yenny mengungkapkan bahwa Festival Mookervaart ini sangat bermanfaat bagi warga Kota Tangerang. Bagaimana tidak, dalam satu acara tersebut kami bisa menambah wawasan terhadap sejarah, kebudayaan hingga keseniaan yang ada di Kota Tangerang.

Terlebih, ia merupakan salah satu perwakilan sanggar tari yang ada di Kota Tangerang.

“Bersyukur banget diadakan kembali Festival Mookervaart ini, tempat dimana para seniman mengungkapkan ekspresinya. Apalagi, anak-anak yang menari kesenian Kota Tangerang yang sangat senang bisa langsung di lihat oleh Walikota Tangerang beserta jajaran, membuat semangat yang terus bergejolak. Semoga Festival Mookervaart diadakan kembali di setiap tahunnya,” tutup Yenny. (*/Red)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien