Ini Sederet Fasilitas Serba Gratis yang Bisa Dimanfaatkan Warga Kota Tangerang

Lazisku

 

TANGERANG – Tahun ke tahun mahalnya biaya hidup bisa menjadi salah satu masalah penting yang dihadapi setiap orang. Lalu, bagaimana bila biaya hidup tersebut ditanggung secara gratis oleh Pemerintah Kota Tangerang?

Beruntung bagi masyarakat Kota Tangerang, karena sejumlah program fasilitas hidup gratis telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Tangerang. Lalu, apa saja fasilitas hidup gratis yang ada dan dapat dimanfaatkan di Kota Tangerang? Berikut daftarnya:

Ks

1. Biaya Kesehatan Gratis

Program bantuan Pembayaran Biaya Iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang dibayarkan Pemkot Tangerang pada 2018 ada 319.294 jiwa, 2019 ada 380.599 jiwa, 2020 ada 409.749 jiwa, 2022 ada 417.378 jiwa dan 2022 ada 360.966 jiwa. Selain itu, tersedianya mobil ambulans dan jenazah gratis melalui call center 119 atau 112, dan ragam layanan kesehatan dasar di 1.097 posyandu atau 39 puskesmas.

2. Biaya Pendidikan Gratis

Pada sektor pendidikan, Pemkot Tangerang mengupayakan pendidikan gratis untuk 73 SD swasta dan 73 SMP Swasta, mengakomodir bagi mereka yang terbatas sistem zonasi atau penyisihan jalur lainnya.

Pemkot Tangerang juga memiliki program bantuan biaya pendidikan jenjang perguruan tinggi.

Kpu

Program ini menyalurkan biaya pendidikan Rp6 juta per mahasiswa dengan aturan satu kali penyaluran. Saat ini, program biaya pendidikan jejang perguruan tinggi telah dimanfaatkan oleh 876 mahasiswa Kota Tangerang

3. Biaya Pengembangan Diri Gratis

Pemkot Tangerang dalam mengupayakan pengembangan diri masyarakatnya, memiliki program Balai Latihan Kerja (BLK) dengan delapan kelas pelatihan yang telah dimanfaatkan 2.523 peserta dari 131 angkatan.

Pelatihan kewirausahaan yang ada sejak 2017 silam dengan sembilan bidang kewirausahaan hingga 2023 telah dimanfaatkan oleh 2.755 warga Kota Tangerang. Beriringan dengan program Mobil Si Praja yang kini dengan empat jenis pelatihan telah dimanfaatkan 1.069 peserta.

4. Biaya Pengembangan Usaha Gratis

Pada sektor pengembangan usaha khususnya mereka para Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pemkot Tangerang memfasilitas penambahan modal usaha melalui program Tangerang EMAS dan Tangerang BISA. Lalu, adanya uji laboratorium, NIB, sertifikasi halal hingga merek gratis.

5. Biaya rekreasi gratis

Selanjutnya, dari sisi rekreasi, Pemkot Tangerang menggratiskan Bus Jawara sebagai bus pariwisata keliling Kota Tangerang setiap harinya, bahkan sering digunakan sebagai armada pendidikan sekolah-sekolah.

Selain itu, puluhan taman tematik, alun-alun hingga Stadion Benteng Reborn yang dikonsep terbuka dan gratis untuk umum, sebagai lahan sekadar rekreasi ataupun berolahraga. (*/Red)

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien