Pilkada Tangsel 2020; Gerindra Ingin Usung Istri Sandiaga Uno

DPRD Cilegon Idul Adha

TANGERANG – Istri Mantan Wakil Gubenur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Nur Asia Uno  mendapat dukungan Partai Gerindra untuk maju Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020.

Dukungan tersebut diketahui pertama kali mencuat dari pernyataan Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

Dasco berpendapat, Tangsel sudah karib dengan pemimpin perempuan. Terlebih ia juga tidak meragukan kapasitas dan kapabilitas Nur Asia untuk memimpin sebuah kota.

DPRD Pandeglang Kurban

“Lalu, pemilih emak-emak pendukung Sandiaga Uno dan fans Nur Asia Uno sangat banyak di Tangsel,” ujar Dasco.

Dasco mengaku sedang merekomendasikan Nur Asia Uno ke Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Gerindra Banten Idul Adha

Sementara, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Tangsel, akan mendukung Nur Asia yang direkomendasikan oleh DPP.

“Kalau itu keputusan DPP pasti kami sami’na wa atho’na,” terang Sekretaris DPC Gerindra Tangsel, Yudi Budi Wibowo, Kamis (1/8/2019).

Saat ditanya terkait kepantasan wanita empat anak itu menjadi orang nomor satu di Tangsel, Yudi menyerahkannya kepada masyarakat.

“Kalau itu masyarakat Tangsel yang akan menentukan, secara prinsip semua warga negara punya hak untuk dipilih dan memilih, begitu juga Mpok Nur. Beliau punya hak dipilih juga,” jelasnya.

Namun Yudi menegaskan bahwa Mpok Nur, merupakan sosok yang tidak bisa diremehkan.

“Kalau kemampuan memimpin karena beliau bertahun-tahun mendampingi Pak Sandi pengusaha sukses, mantan Wagub bahkan calon wakil presiden tentunya tidak bisa kita anggap remeh,” jelasnya.

Sosok Nur Asia Uno

Mpok Nur, begitu panggilan akrab dari Nur Asia Uno, istri Sandiaga Uno.

Ya, sejak karir politik Sandiaga Uno terus menanjak, Mpok Nur atau Nur Asia Uno pun semakin dikenal masyarakat luas.

Apalagi, dalam beberapa kali kesempatan, Mpok Nur atau Nur Asia Uno kerap mendampingi Sandiaga Uno berkampanye sebagai Cawapres pendamping Prabowo Subianto ke beberapa daerah.

Bahkan, Mpok Nur juga beberapa kali tanpa didampingi suami, Sandiaga Uno, berkampanye kepada ibu-ibu, atau emak-emak saat Pilpres 2019.

Akhirnya, tak sedikit yang penasaran dan ingin mengenal lebih lanjut sosok Nur Asia Uno ini.

Namun setelah Pilpres namanya mulai redup lagi.

Calon Walikota Tangsel?

Namun kini nama Mpok Nur kembali melejit.

Apalagi setelah dia disebut-sebut akan dicalonkan Gerindra sebagai calon wali kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Saya telah mengusulkan kepada ketua dewan pembina partai Gerindra pak Prabowo Subianto untuk memajukan ibu Nur Asia Uno sebagai calon Walikota Tangerang Selatan, yang akan diusung oleh partai Gerindra pada Pilkada Tangerang Selatan 2020,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad saat dihubungi, Rabu (31/7/2019).

Bukan tanpa alasan kuat Dasco mengusulkan Mpok Nur, demikian sapaan Nur Asia Uno, meskipun bukan kader Gerindra. Pertama, di Tangsel sudah terbukti tidak resisten terhadap pemimpin wanita.

Kedua pemilih emak-emak penggemar Sandiaga Uno serta fans Mpok Nur juga banyak di Tangsel.

Dan terakhir, soal kapasitas dan kapabilitas Mpok Nur tidak diragukan untuk memimpin Tangsel kedepan.

“Tangsel itu daerah yang cepat maju pembangunannya. Diperlukan orang yang kreatif sekaligus teliti serta inovatif agar pembangunan Tangsel kedepan dapat tersinkronisasi serta dapat bermanfaat tidak hanyanya untuk sebagian masyarakat Tangsel,” tegas Dasco.

Sosok Mpok Nur

Kpu

Dilansir dari TribunStyle, Rabu (13/3/2019), Nur Asia Uno saat ini masih berusia sekitar 48 tahun.

Dari potret ketika Nur Asia Uno masih muda, tak banyak perubahan pada wajahnya walaupun usianya sudah kepala empat. Bahkan, tak sedikit yang menyebut Nur Asia Uno ini terlihat awet muda.

Beralih ke latar belakang pendidikannya, Nur Asia Uno ternyata pernah bersekolah di sebuah SMP di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kemudian, singkat cerita, Nur Asia Uno juga pernah mengenyam pendidikan tinggi di Amerika Serikat. Tepatnya, Nur Asia Uno pernah berkuliah di Stillwater, Oklahoma.

Lantas, bagaimana kisah cinta Nur Asia Uno dan Sandiaga Uno bisa terjalin?

Dilansir TribunJabar.id dari Kompas.com, Nur Asia Uno rupanya pertama kali berkenalan dengan Sandiaga Uno di bangku SMP.

Sandiaga Uno dan Nur Asia Uno, sejak kecil memang berdomisili di Kebayoran Baru. Sandiaga Uno bersekolah di SMPN 13 Jakarta, dan Nur Asia Uno bersekolah di SMP Islam Al-Azhar Pusat.

Nur Asia Uno, bisa kenal dengan Sandiaga Uno, karena memang Sandi berteman dengan kakak Mpok Nur.

Diceritakan Nur Asia Uno, ternyata dirinya dengan Sandiaga Uno telah menjalani masa pacaran 13 tahun lamanya.

Saat pacaran, kedua sejoli ini pun sering putus nyambung karena berbagai permasalahan.

“Tiga belas tahun pacaran ya sempat putus nyambung putus nyambung, terus nyambung lagi,” ujar Nur Asia Uno.

Dalam sebuah wawancara dengan Rosiana Silalahi, di program Rosi, yang tayang di Youtube Kompas TV 26 Desember 2016, disebutkan bahwa kisah cinta Nur Asia Uno dan Sandiaga Uno ini ibarat kisah cinta antara anak tuan tanah dan si kutu buku.

Si kutu buku yang dimaksud adalah Sandiaga Uno, sementara anak tuan tanah ada Nur Asia Uno.

Saat ditanya Rosiana Silalahi, apa alasan Nur Asia Uno mau menerima Sandiaga Uno sebagai pacar lanjut menjadi suami, Mpok Nur mengatakan bahwa Sandi merupakan sosok yang bisa jadi guru.

“Karena Sandi itu buat saya di mata saya ini adalah sosok anak yang baik, selain dia pintar, dia juga guru buat saya, karena dia banyak mengajarkan saya dari kehidupan glamor sampai hal-hal yang sederhana. Dan dia selalu mengajarkan gimana caranya menghargai orang lain, gimana caranya bantu orang susah, saya merasa cocok” ujar Nur Asia Uno.

“Apa nikmatnya meninggalkan kehidupan glamor untuk hidup lebih sederhana?” kata Rosiana Silalahi meimpali.

Nur Asia Uno mengatakan, kebahagian tak dapat dibeli dengan uang.

“Buat saya kebahagiaan itu gak bisa dibeli dengan uang. Ternyata selama ini yang saya dapat itu materi. Tapi begitu Sandi ajarin, ternyata orang itu melihat kamu jangan dari harta kamu, tapi orang itu harus melihat kamu di mana kamu bisa berbuat banyak untuk orang lain,” ujar Nur Asia Uno.

Sandiaga Uno langsung bertepuk tangan gembira setelah mendengar jawaban Nur Asia Uno.

Sandiaga Uno sempat dicolek Mpok Nur agar tak berlebihan tepuk tangan.

Dilansir TribunJabar.id dari MoneySmart.id, hubungan Sandiaga Uno dan Nur Asia Uno berlanjut saat sama-sama kuliah di Negeri Paman Sam.

Hingga akhirnya, mereka menikah di Singapura pada tahun 1996, tanpa pesta mewah.

Selama kurang lebih 23 tahun menikah, Sandiaga Uno dan Nur Asia Uno dikaruniai tiga orang anak, di antaranya Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno, dan Sulaiman Saladdin Uno.

Kini, Nur Asia Uno masih dikenal sebagai pribadi yang ramah senyum dan sering mengenakan pakaian yang sederhana namun tetap fashionable.

Nur Asia Uno kerap kali memamerkan gaya busananya di Instagram.

Resep kebahagiaan Sandiaga Uno pun ternyata memang terletak pada sosok Nur Asia.

Nur Asia Uno selama ini tak pernah pelit senyum, suka menghibur, dan enggak jaim alias jaga imej. (*/Tribunnews)

Golkar Banten Idul Adha
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien