PT KAI Akan Investasi Rp400 Miliar untuk Wujudkan ART di Kota Tangerang

Gerindra Nizar

TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mendapat tawaran dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk mewujudkan transportasi aman dan nyaman untuk digunakan oleh masyarakat.

Dalam kesempatan kali ini, PT KAI menawarkan transportasi massal bernama Autonomous Rail Rapid Transit (ART) yang nantinya menjadi moda transportasi unggulan di Kota Tangerang.

Hal ini disampaikan oleh Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, Sabtu (6/4/2019).

Fraksi serang

Menurut Arief R Wismansyah, Autonomous Rail Rapid Transit ini merupakan alat transportasi yang akan ditawarkan PT KAI untuk Kota Tangerang. Dimana, PT KAI akan berinvestasi sebesar Rp400 miliar.

“Ini merupakan investasi yang dilakukan oleh PT KAI sebesar Rp400 miliar,” kata Arief.

Arief menambahkan, untuk mewujudkan ART, pihaknya telah melakukan survei sepanjang pinggiran bantaran Sungai Cisadane.

“Kita siapkan trasenya dan sebagainya. Dan, yang terpenting kita butuh dukungan masyarakat untuk mewujudkan transportasi yang aman dan nyaman ini,” imbuhnya.

Fraksi

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Wahyudi menerangkan, moda transportasi yang dicanangkan oleh PT KAI ini merupakan sebuah terobosan untuk menciptakan transportasi yang laik digunakan oleh masyarakat.

“Pemkot Tangerang dilibatkan dalam studi kelayakan untuk mewujudkan Autonomous Rail Rapid Transit di Kota Tangerang,” papar Wahyudi.

Dia menambahkan, Autonomous Rail Rapid Transit ini nantinya bisa menggunakan lajur sendiri atau lajur umum seperti halnya transjakarta.

“Sepertinya Kota Tangerang akan menjadi pilot project dari program yang diwacanakan oleh PT KAI,” pungkasnya.

Diketahui, kereta ART ini beroperasi dengan melintasi jalan biasa, sama seperti kendaraan lain semisal mobil. Bedanya, ART ini memakai ban yang terbuat dari karet.

Lalu, jalan-jalan yang akan dilewati akan dilukis garis putih. Jadi, Autonomous Rail Rapid Transit hanya mengikuti ke mana garis tersebut mengarah. (*/PalapaNews)

[socialpoll id=”2521136″]

Gerindra kuswandi