Dirawat oleh Pemuda, Pulau Merak Kecil Kini Makin Ramai Dikunjungi Wisatawan

CILEGON – Keberadaan Pulau Merak Kecil yang berada di wilayah Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, kini makin ramai dikunjungi oleh wisatawan setelah dikelola dengan baik oleh para pemuda setempat.

Bila sebelumnya Pulau yang terletak di Selat Sunda ini belum begitu ramai dikunjungi lantaran masih dipenuhi sampah yang terbawa arus air pasang. Namun kini setelah beberapa bulan dikelola oleh pemuda setempat, Pulau cantik seluas 4,6 hektar ini, setiap akhir pekannya selalu dipadati pengunjung.

Dalam pantauan Fakta Banten Minggu sore (6/8/2017), tampak belasan wisatawan sedang berenang di pantai yang berarus tenang, ada juga yang hanya duduk-duduk santai di tepi pantai sambil menikmati suasana melihat pemandangan laut yang indah.

Beraneka pemandangan dari Pulai Merak Kecil ini, mulai dari kapal-kapal yang melintas, landscape gunung-gunung menjulang, hingga deretan pabrik-pabrik yang berada di sebrang daratan pesisir Kota Cilegon.

Selain itu londisi pasir putih berkarang yang bersih dari sampah karena intensif dibersihkan oleh para pemuda, beberapa fasilitas penunjang objek wisata juga secara bertahap mulai tersedia. Seperti warung, ayunan, sewa tikar, ban untuk berenang, bangku-bangku, papan informasi, tempat sampah dan fasilitas lainnya.

Akses yang dekat dan mudah juga menjadi alasan wisatawan mengunjungi pulau yang hanya berjarak puluhan meter dari daratan Pulau Jawa ini.

Seperti yang dikatakan Sherly, wisatawan lokal dari Cilegon.

“Iya kang sering ke Pulau ini, apalagi sekarang udah bagus, katanya sudah diurus dikelola jadi bersih. Kalau kesini juga deket nggak kena macet kayak di Anyer,” ujar Sherly kepada Fakta Banten.

Sherly juga menambahkan tarif yang murah juga menjadi alasan dirinya sering mengunjungi Pulau Merak Kecil ini.

“Tarifnya murah kang, cuma Rp 15 ribu kita sudah bisa nyebrang nyampe Pulau,” katanya.

Dengan semakin ramainya wisatawan yang mengunjungi Pulau Merak Kecil ini tentu saja bisa membawa keuntungan bagi para masyarakat sekitar, khususnya pemuda setempat yang bisa mendapatkan penghasilan dari jasa menyewakan ban dan tikar, membuka warung di Pulau ini serta para nelayan yang mengantarkan para wisatawan nyebrang ke Pulau Merak Kecil ini.

Wisatawan nampak asik berenang dengan fasilitas ban pelampung di pantai yang bersih di Pulau Merak Kecil / Dok

Hal ini diakui oleh Dicky, tokoh Pemuda Mekarsari yang menggagas pengelolaan Pulau Merak Kecil ini. Sejak awal ia tak pernah kendor mengajak para pemuda pengangguran membersihkan pulau dari sampah dan mempercantiknya.

“Alhamdulillah wisatawan tambah rame, warga dan pemuda juga jadi bisa ada penghasilan dari sewa ban, tikar, warung dan jasa nelayan. Rencana kedepan sih mau sediakan sewa alat snorkling,” ujarnya.

Dicky juga berharap kedepan pulau ini benar-benar menjadi destinasi wisata di Kota Cilegon.

“Harapannya sih ya jadi destinasi wisata di Kota Cilegon,” pungkasnya.

Semoga langkah inovasi dan kreasi para pemuda di Pulomerak ini menjadi inspirasi bagi Pemkot Cilegon, terutama Dinas Pariwisata agar benar-benar menggarap destinasi wisata bahari di Kota Cilegon yang memiliki panjang pantai 25 Mil ini. (*)