DPRD Banten Ungkap Pendirian Fakultas Kedokteran Untirta Terkendala Moratorium

KESEHATAN PEMERINTAHAN PENDIDIKAN SERANG

SERANG – Komisi 5 DPRD Banten yang membidangi Kepemudaan dan Pendidikan mengaku proses pendirian Fakultas Kedokteran (FK) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) tinggal satu langkah lagi.

Dijelaskan Ketua Komisi 5 DPRD Banten, Fitron Nurikhsan, bahwa saat ini pendirian FK Untirta terkendala moratorium pemerintah pusat. Padahal menurutnya pendirian fakultas tersebut menjadi kebutuhan mendesak Provinsi Banten untuk mencetak para dokter yang selama ini masih kekurangan jumlahnya.

“Padahal kita butuh dokter itu karena banyak dokter yang ada di kita tidak mau di tempatkan di daerah seperti Pandeglang, Malingping yang seharusnya setiap Puskesmas memiliki dokter,” ujar Fitron saat ditemui usai pelepasan Kafilah STQ Banten di Pendopo Gubernur Banten, Rabu (12/7/2017).

Menurutnya Komisi 5 sangat berharap FK Untirta tersebut bisa segera terwujud sehingga permasalahan kekurangan tenaga medis di daerah bisa teratasi.

“Kalau ada Fakultas Kedokteran di daerah saya yakin mereka para lulusan mau di tempatkan di kampungnya kita buat beasiswa ikatan dinas,” imbuhnya.

Namun meskipun moratorium, Fitron optimis pendirian fakultas tersebut bisa teralisasi segera, karena menurut Politisi Golkar itu ada klausul dalam moratorium yang membolehkan pendirian fakultas baru.

“Bisa kita buat Fakultas Kedokteran itu, tinggal kita afirmasi kepada Kementerian Pendidikan, kita jelaskan alasan kita ingin mendirikan Fakultas Kedokteran itu, insya Allah 2018 bisa dibuka,” pungkasnya. (*)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *