Persiapan HUT RI, Paskibraka Kabupaten Lebak Mulai Pembinaan Serius

LEBAK PENDIDIKAN

LEBAK – Sekitar 1.687 orang pelajar yang tergabung dari seluruh SLTA se Kabupaten Lebak dilakukan seleksi untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Lebak, Provinsi hingga Nasional.

Dari jumlah tersebut kemudian dilakukan dua macam seleksi untuk menjaring calon anggota, dari seleksi tersebut ada sekitar 120 orang pelajar yang berhasil masuk pada seleksi tahap dua untuk dijadikan leader (pemimpin) di sekolah masing-masing, yang dilakukan pendidikan di LPP Cisalak.

Kemudian dari 120 orang yang masuk seleksi, sekitar 10 orang yang diambil untuk mengikuti seleksi Paskibra tingkat Provinsi dan Nasional. Hasilnya, dari 10 orang tersebut, 9 siswa asal Lebak dinyatakan terpilih untuk menjadi Paskibraka di tingkat Provinsi Banten.

Peserta hasil seleksi pertama yang berjumlah 120 orang tersebut, selanjutnya dilakukan kembali seleksi kedua untuk diambil sebanyak 60 orang untuk dijadikan tim Paskibraka Kabupaten Lebak.

“Dari hasil seleksi kesatu dan kedua yang dimulai pada tanggal 9 Juni hingga Juli, terdapat sekitar 54 orang yang sudah fiks terpilih untuk menjadi Paskibraka tingkat Kabupaten Lebak, ditambah 9 orang hasil seleksi pertama untuk menjadi tim Paskibraka tingkat Provinsi,” kata Isro Jazuli, selaku Pelatih Paskibraka Kabupaten Lebak saat ditemui di lokasi latihan, Selasa (4/7/2017).

Menurut Isro, untuk menjadi calon anggota Paskibraka harus memiliki kriteria dan kemampuan fisik, mental, gagah, dan beriwaba, namun nilai pelajaran juga menjadi syarat pendukung paling penting.

“Intinya sih itu tadi, fisik dan mental itu menjadi syarat paling utama, ketampanan wibawa dan nilai itu juga penting sebagai syarat pendukung,” jelasnya, seraya berharap dalam pelaksanaannya nanti tim Paskibraka Lebak dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan maksimal.

“Makanya pengemblengan mulai kita lakukan secara serius,” pungkasnya.

Sementara untuk Training Center dan pemfokusan latihan sendiri diketahui baru akan dilakukan dari tanggal 18 hingga tanggal 20 Agustus mendatang. Agenda tersebut sebagai latihan lanjutan agar para anggota Paskibra dapat benar-benar mapan dan piawai dalam menjalankan tugasnya sebagai Purna Paskibraka Indonesia (PPI). (*) 
Penulis: Nana Sofyan.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *