Putri Mendiang Desmond J Mahesa Jadi Pimpinan DPR RI Sementara: Termuda, Pejuang, hingga Ajak Kaum Muda Melek Politik 

JAKARTA – Sidang paripurna pengucapan janji anggota DPR RI dimulai dengan penentuan pimpinan sementara. Berdasarkan ketentuan yang berlaku, pimpinan sementara DPR RI diserahkan kepada anggota DPR tertua dan termuda.

Dalam Rapat yang digelar di ruang sidang paripurna MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2024), putri mendiang Desmond J Mahesa yakni Annisa Mahesa menjadi wakil ketua sementara.

Menjadi Anggota DPR RI termuda, perempuan kelahiran 17 Juli 2001 atau 23 tahun lalu tersebut punya semangat tinggi melanjutkan jejak sang Ayah. Mental pejuangnya terekam saat dia mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI.

Perempuan yang akrab disapa Icha ini akhirnya berhasil lolos ke Senayan setelah meraup 122.470 suara pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 Dapil Banten II yang meliputi Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon.

Tak hanya itu, bahkan Icha juga konsisten berada di garda terdepan dalam memperjuangkan kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat Pilpres 2024 lalu.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Provinsi Banten ini juga kerap kali bicara bagaimana kaum muda harus melek terhadap politik. Apalagi kata dia, perempuan juga punya peranan penting di dunia politik.

Menurutnya, ketika terjun di dunia politik, perempuan bisa menjadi penyeimbang dalam pengambilan kebijakan-kebijakan.

“Kebijakan-kebijakan yang justru perempuan lebih mengerti dan paham tentang permasalahan perempuan dan permasalahan lainnya diluar permasalahan tentang perempuan,” Tulis Icha seperti dikutip dalam akun media sosial Instagramnya, pada Senin, (31/7/2023) lalu.

“Kalau Kita berbicara perempuan, itu setara dengan laki-laki tapi bukan berarti kodrat antara perempuan dan laki-laki itu dikatakan sama. This Is Not a Man’s World (Dunia ini bukan hanya dunianya laki-laki saja),” sambungnya.

Justru kata dia, laki-laki membutuhkan keterkaitan perempuan dalam politik, untuk menyelesaikan permasalahan terkait isu-isu perempuan.

“Serta permasalahan lainnya dan sangat penting sekali bagi perempuan untuk menyumbangkan gagasan-gagasannya dan terjun langsung ke dunia politik,” jelasnya.

Untuk itu lanjut putri sulung mendiang Desmond J Mahesa ini, anak muda harus menjadi generasi penerus keberlangsungan bangsa.

“Generasi yang memiliki peran yang sangat penting dalam membangun kebhinekaan dan persatuan nasional di Indonesia. Sebagai generasi yang akan meneruskan estafet kepemimpinan, mereka memiliki tanggung jawab untuk memelihara dan memperkuat kebersamaan serta membangun kedamaian di tengah perbedaan yang ada,” terangnya.

Ia menyebut, peran pemuda sebagai generasi penerus dalam pembangunan sangatlah penting lantaran yang menentukan kemajuan negara di masa depan adalah generasi muda, melalui keberhasilan perubahan positif yang dapat dilakukan.

“Tentu tidak semua anak muda harus aktif berpolitik, tetapi saya sangat yakin percaya bahwa demokrasi yang berkualitas akan terwujud bila anak muda menggunakan hak politiknya dan menyampaikan aspirasinya,” katanya. (*/Faqih)

Dindik HUT Banten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien