Krakatau Steel Group & Joint Venture Salurkan Zakat Karyawan Senilai Rp 1,2 Miliar Jelang Lebaran Idul Fitri

CILEGON – Krakatau Steel Group & Joint Venture menyerahkan dan mendistribusikan zakat di bulan suci Ramadhan dengan total dana sebesar Rp 1,165 miliar, pada Rabu (3/4/2024).

Dana zakat yang dikumpulkan pada UPZ Baznas Krakatau Steel tersebut diketahui bersumber dari para karyawan di perusahaan BUMN itu.

Turut hadir dalam seremonial penyaluran zakat tersebut, yakni Direktur SDM Krakatau Steel Sriyani Puspa Kinasih, Asda 1 Pemkot Cilegon Tatang Muftadi, dan juga Ketua Baznas Kota Cilegon Taufik Ubaidillah.

Sejumlah senior karyawan dari anak usaha Krakatau Steel dan Krakatau Posco, juga nampak hadir dan turut serta dalam kegiatan penyaluran zakat hari ini.

Mohammad Taufik Nurdaiman, Ketua UPZ Baznas Krakatau Steel, mengungkapkan, dana yang terkumpul terdiri dari zakat fitrah sebesar Rp 479 juta dan zakat mal sebesar Rp 686 juta.

Untuk penyaluran zakat fitrah, perwakilan karyawan ikut turun langsung membagikan kepada warga di sejumlah kelurahan di Kota Cilegon, yakni dengan pembagian berupa beras dan juga uang tunai.

Kartini dprd serang

“Tahun ini, kami berhasil mengumpulkan dana zakat fitrah dan zakat mal yang signifikan. (Distribusi ke) sebanyak 43 kelurahan, di mana 23 di antaranya disalurkan langsung oleh karyawan Krakatau Steel Group & Joint Venture, sementara sisanya 20 kelurahan disalurkan melalui sinergi dengan Baznas Kota Cilegon,” ujar Mohammad Taufik Nurdaiman ditemui usai seremonial penyaluran zakat di Masjid Al-Muthowwir.

 

Selain itu, zakat mal juga disalurkan untuk memberikan santunan kepada yatim, dhuafa, jompo, serta pensiunan Krakatau Steel yang menderita sakit berkepanjangan.

“Tahun sebelumnya, kami belum mencapai target yang ditentukan oleh manajemen Krakatau Steel, namun kali ini kami berhasil melebihi target tersebut, yaitu Rp 1 Miliar lebih,” imbuh Mohammad Taufik.

Taufik Ubaidillah, Ketua Baznas Cilegon, mengapresiasi kolaborasi antara UPZ Krakatau Steel dan Baznas Cilegon dalam mendistribusikan zakat fitrah.

“Kami akan mendistribusikan zakat fitrah ini bersamaan dengan paket sembako di 43 kelurahan. Dana zakat fitrah dan zakat mal ini akan didistribusikan kepada 400 DKM untuk para mustahik yang ada di sekitar DKM,” ungkap Taufik Ubaidillah.

Distribusi zakat fitrah melalui Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) ini menjadi salah satu upaya untuk memastikan bantuan zakat tepat sasaran dan dapat membantu lebih banyak orang yang membutuhkan di sekitar masjid.

“Kolaborasi antara Krakatau Steel Group & Joint Venture, serta Baznas Cilegon diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat yang membutuhkan terutama 8 asnaf penerima zakat,” pungkas Taufik. (*/Hery)

Polda