Antisipasi Banjir, Walikota Cilegon Kumpulkan Pejabat

CILEGON –  Pemerintah Kota Cilegon menggelar rapat lanjutan dari kesiapan antisipasi banjir di Wilayah kota Cilegon yang berlokasi di Ruang Rapat Walikota Cilegon, Jum’at (01/10/2021).

Pada kesempatan itu, Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengajak kepada Dinas terkait untuk konsen dalam penyebab banjir di kota Cilegon.

“Untuk mengatasi permasalahan banjir ini pemerintah harus bergerak, dalam artian kita harus membenahi beberapa faktor yang menyebabkan banjir, kita harus konsen terhadap penyebab banjir ini, seperti di titik yang menjadi sumber banjir, salah satunya yaitu aliran sungai yang terhambat, jadi kita harus benahi tuh agar meminimalisir terjadinya potensi banjir di Cilegon ini,” ujarnya.

Mengenai penyebab banjir ini, Helldy meminta untuk melakukan langkah konkrit dalam penanganannya. “Beberapa aliran sungai yang berbelok itu bisa menjadi penyebab banjir, lebih baik di luruskan saja, dibelikan saja tanahnya tanah siapa dibeli, jadi biar aliran sungainya itu lurus jadi tidak terhambat, karena jika terhambat dapat berpotensi banjir, kita harus melakukan langkah konkrit untuk mengatasi banjir ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Helldy meminta kepada camat untuk menghimbau setiap kelurahan untuk memantau aliran sungai yang sudah dibersihkan oleh Dinas PU.

“Kepada Camat, tolong saya minta untuk sampaikan ke setiap kelurahan agar memantau kebersihan aliran sungai wilayahnya yang sudah dibersihkan oleh PU, dipantau terus aliran sungainya, jadi jangan di diamkan saja jangan sampai ada ilalang rumput yang menghambat di aliran sungai itu,” tegas Helldy.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Kota Cilegon, Ridwan mengatakan bahwa Dinas PU sudah melakukan  pembersihan dan pelebaran di beberapa aliran sungai yang menjadi penyebab banjir.

“Kita sudah melakukan pembersihan di beberapa aliran sungai yang menjadi penyebab banjir, dan juga kita lakukan pelebaran dan ada beberapa tembok yang kita bangun untuk mencegah luapan air sungai yang menjadi penyebab banjir,” jelasnya. 

Rapat tersebut dipimpin secara langsung oleh Walikota Cilegon yang didampingi Asisten Daerah II Kota Cilegon, Tb. Dikri Maulawardhana, serta dihadiri Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cilegon Ridwan, Kepala Dinas Sosial Ahmad Jubaedi, serta Camat se kota Cilegon. (*/Red)