Arus Balik Lebaran, Pelabuhan Ciwandan Khusus Roda 2 dan Mobil Pribadi Turun di Merak

Dprd

CILEGON – Meski baru H+1 lebaran, namun pergerakan kendaraan pemudik untuk arus balik sudah mulai terasa pada penyeberangan antar Pulau Sumatera dan Jawa.

Pemerintah langsung melakukan rapat koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk mengantisipasi dan mencari solusi dalam mengurai kepadatan kendaraan pada puncak arus balik Lebaran 2023, khususnya dari Sumatera ke Jawa.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, mengungkapkan, salah satu langkah yang diterapkan pemerintah adalah membagi kembali atau membedakan kapal dalam mengangkut jenis kendaraan pemudik.

Menteri Muhadjir mengatakan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat pada Kementerian Perhubungan telah sepakat, untuk kendaraan roda empat akan diturunkan di Pelabuhan PT Indah Kiat Cilegon milik grup Sinarmas, yang berlokasi dekat Pelabuhan ASDP Merak.

“Sedangkan untuk penurunan pemudik dengan kendaraan roda dua akan tetap dilakukan di Pelabuhan Ciwandan,” ujar Muhadjir dalam konferensi pers virtual, Minggu (23/4/2023).

Sankyu rsud mtq

Sementara itu, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat total seluruh kendaraan yang telah menyeberang dari Pulau Sumatera ke Jawa pada hari ini H+1 lebaran mencapai 6.039 unit. Jumlah ini naik 2 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun 2022 lalu sebanyak 5.899 unit.

Dede pcm hut

Tercatat realisasi kendaraan roda empat mencapai 4.509 unit atau naik 4 persen persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 4.345 unit.

Sedangkan truk logistik yang telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa mencapai 309 unit. Angka ini turun 12 persen dibandingkan realisasi periode yang sama di tahun lalu sebanyak 350 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-10 Lebaran hingga hari Lebaran tercatat 416.699 orang. Angka tersebut naik 6 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 393.421 orang.

Untuk total kendaraan yang telah menyeberang, tercatat 79.762 unit atau naik 2 persen persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 78.062 unit.

Sedangkan jumlah kendaraan telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera per 23 April 2023 mencapai 14.413 unit kendaraan. Jumlahnya naik 2 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 14.143 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-10 Lebaran hingga hari ini tercatat 920.054 orang. Totalnya naik 3 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 894.063 orang. (*/Rijal)

 

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien