Cuaca Buruk, Harga Ikan Laut di Pasar Kranggot Melambung Tinggi

CILEGON, FB – Akibat cuaca yang tidak menentu, membuat harga ikan laut di Pasar Tradisional Kranggot, Kota Cilegon, mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari harga rata – rata sebelumnya.

Kenaikannya rata-rata mencapai 50 persen, setiap jenisnya.

“Di sananya saja jenis ikan krapu per kilogramnya sudah tinggi. Paling disini saya menjual Rp 80 ribu per kilo gram, belum lagi harga ikan lainnya. Semua rata-rata mengalami kenaikan. Kemungkinan karena saat ini musim hujan, jadi ikan sulit didapat,” jelas Rahmat salah satu pedagang di Los Ikan Pasar Kranggot, Sabtu 7 Januari 2017.

Ks nu

Lebih lanjut dikatakan Rahmat, selain karena cuaca buruk, harga ikan melonjak juga karena pengaruh kenaikan harga BBM yang mengalami kenaikan.

“Kalau menurut tempat dimana saya mengambil ikan di Labuan Pandeglang, ikan sulit didapat karena faktor cuaca di tambah BBM naik jadi ongkos sampai di sini juga bertambah,” ujarnya.

Sementara itu Kasubag Tata Usaha UPTD Pasar Baru Kranggot, Muhibbin, membenarkan kenaikan harga ikan laut di sejumlah pasar tradisional, dikarenakan modal penjualan atau modal dari agen mengalani kenaikan yang dipicu kondisi cuaca yang tengah ekstrem di sejumlah daerah pendistribusian.

“Kenaikan ini karena cuaca buruk, di tambah modal penjualan dari agen mengalami kenaikan. Tapi walau harga mengalami kenaikan pasokan ikan di Pasar Kranggot masih tersedia, walaupun minat pembeli berkurang karena tingginya harga,” tukasnya. (*)

Cibeber nu