Dengan Cara Patungan, RT/RW di Cilegon ini Bikin Sekretariat Foker C

CILEGON – Apa yang dilakukan pengurus Forum Komunikasi Rukun Tetangga dan Rukun Warga Cilegon (Foker C) Kelurahan Samangraya, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, patut dicontoh.

Pasalnya mereka para pengurus RT dan RW yang ada di Kelurahan Samangraya itu membangun sekretariat Foker C dengan cara banoan atau patungan.

Dengan memanfaatkan lahan seluas 3 meter x 6 meter persegi di samping kantor Kelurahan, rencananya pembangunan itu akan berdiri kokoh layaknya seperti kantor-kantor pemerintah.

Setiap para RT dan RW diminta dengan ikhlas memberikan kontribusi untuk pembangunan sekretariat.

Inisiator pembanguan sekretariat sekaligus Ketua Foker C, Kelurahan Samangraya Ashari Abdul Mukti mengatakan, awal mula tercetus pembangunan sekretariat itu bermula keinginan para RT dan RW ingin mempunyai sekretariat Foker C sebagai tempat berkumpul untuk mencetuskan ide, dan gagasan akhirnya dari kesepakatan tersebut gayungpun bersambut sehingga akhirnya pihak pemerintah setempat yakni Sekretaris Lurah mendukung program tersebut.

“Alhamdulillah dengan kesepakatan bersama antara para RT, RW dan Pemerintah keinginan itu menjadi kenyataan,” kata Ashari, Minggu (5/9/2021).

Bahkan lanjut Ashari pembangunan itu langsung yang meletakan batu pertama tanda dimulai pembangunan itu Camat Citangkil Agus Purmono dengan didampingi Seklur Samangraya Furkon dan perwakilan RW Taufik Ubaidilah.

“Semoga pembangunan ini cepat selesai dan Insya Allah di sekretariat ini nantinya akan lahir ide dan gagasan dari para RT dan RW demi membantu program pemerintah demi memberikan pelayanan prima bagi masyarakat,” katanya.

Sementara itu Camat Citangkil Agus Purnomo mengapresiasi langkah dari RT/RW yang terkabung dalam Foker C Kelurahan Samangraya yang sudah berinisiatif membangun sekretariat secara swadaya.

“Apresiasi kepada para RT RW yang sudah memberikan kontribusi buat pembangunan sekretariat Foker C secara swadaya, semoga ini menjadi contoh bagi Kelurahan yang lain yang ada di Kecamatan Citangkil khususnya dan bagi Kelurahan yang ada di Kota Cilegon pada umumnya,” katanya.

Dengan dibangunnya gedung sekretariat lanjut Camat, dan sekretariat itu sebagai tempat pembinaan sehingga SDM para RT RW semakin meningkat dan nantinya RT, RW menjadi mitra strategis pada Pemerintah khususnya pemerintah Kelurahan.

“Harapan saya setelah selesai dibangun
sekretariat ini nantinya sebagai sekretariat pembinaan bagi para RT RW sehingga pelayanan bagi masyarakat semakin terdepan di kelurahan Samangraya,” pungkasnya. (*/Red)

Demokrat
Royal Juli