Dibantu Krakatau Steel, Karang Taruna di Cilegon Gelar Pelatihan Ternak Ayam Kampung

CILEGON – Dalam rangka mendorong kemandirian dan jiwa kewirausahaan pemuda, Pengurus Karang Taruna Mutiara Lebak Denok, Kecamatan Citangkil, bekerjasama dengan PKBL Krakatau Steel menyelenggarakan Pelatihan Peternakan Ayam Kampung, Senin (30/4/2018).

Kepala Dinas Bina Lingkungan pada PKBL KS, Anazmudin, mengatakan, program yang digagas oleh Karang Taruna ini merupakan salah satu sinergi antara pemuda dengan BUMN.

“Ini kegiatan positif, yang mana pemuda-pemuda di Cilegon ini mendapatkan ilmu tentang beternak ayam dan nantinya mereka bisa berusaha sendiri, dan ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama Karang Taruna di Kecamatan Citangkil,” ujar Anaz di sela-sela acara.

Anaz juga mengaku PKBL Krakatau Steel selalu siap membantu pengembangan kualitas SDM generasi muda Kota Cilegon.

“Kedepannya ada beberapa kegiatan yang digagas oleh Karang Taruna, kami menunggu, silahkan, kalau memang kegiatan yang lain di luar kegiatan ini yah kita lakukan hal yang sama selagi masuk di program kita,” ungkap Anaz.

Sementara menurut Ketua Karang Taruna Mutiara Lebak Denok, Suherman, mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut bertujuan untuk melatih dan menguatkan motivasi kewirausahaan pemuda.

“Semoga masyarakat bisa terinspirasi dengan adanya pelatihan ini. Masyarakat bisa menyerap ilmunya dan bisa meningkatkan produksi,” terang Suherman.

“Selama ini juga masyarakat punya ayam, tetapi tidak bisa menunjang nilai ekonomis karena memang panennya terkadang sampai satu tahun. Dengan adanya pelatihan ini semoga masa panennya bisa di persingkat dengan jangka 70 hari bisa panen. Dan yang saya harapkan kegiatan ini bisa bernilai ekonomis di masyarakat khusunya di kelurahan Lebak Denok,” Suherman berharap.

Advertorial

Advertorial

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh perwakilan dari 18 RT di Kelurahan Lebak Denok, dan kelurahan lain di Kecamatan Citangkil.

“Pesertanya dari pengurus Karang Taruna Lebak Denok dan perwakilan-perwakilan Karang Taruna Kelurahan se-Kecamatan Citangkil, termasuk dari unsur masyarakatnya juga,” jelas Suherman.

Sementara itu, Ketua KT Kecamatan Citangkil, Mulyana berharap, kader Karang Taruna mempunyai skill yang bisa menopang ekonomi, sehingga bisa menjalankan roda organisasi dengan baik.

“Karena bagaimana pun roda organisasi tanpa ditopang dengan sisi ekonomi tentu akan menjadi timpang,” ujar Mulyana.

Mulyana juga menjelaskan bahwa telah banyak program yang dilakukan KT Citangkil, dan selalu mendapatkan dukungan dari PKBL Krakatau Steel.

“Ini adalah sebetulnya kenangan masa indah yang kami coba bangun kembali. Karena Karang Taruna Kecamatan Citangkil dengan 7 kelurahannya di tahun 2011 pernah bekerjasama dengan PKBL mengadakan pelatihan-pelatihan, yang Alhamdulillah sukses dilaksanakan seperti pelatihan budidaya lele, melon, menjahit, majun dan pelatihan Stim. dan ini kita ulang kembali bekerjasama dengan PKBL Krakatau Steel,” terangnya.

“Dan Allhamdulillah dua Minggu lalu kader-kader Karang Taruna juga sudah mengikuti pelatihan las di PT PAL Surabaya, dan semoga ini bisa jadi bekal yang bermanfaat sehingga kader Karang Taruna bisa mandiri berwirausaha,” pungkas Mulyana. (*/Asep-Tolet)