Diikuti Puluhan Wartawan, Chandra Asri Gelar Pelatihan Mobile Journalism 

Loading...

 

SERANG – Indonesian Institute Of Journalism (IIJ) bekerja sama dengan PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk menyelenggarakan pelatihan Mobile Journalism yang bertujuan untuk memberdayakan jurnalis dan masyarakat dalam menggunakan perangkat seluler untuk menghasilkan konten berita berkualitas.

Acara pelatihan ini diadakan pada Jumat (8/9/2023), di Hotel Mambruk Anyer, Kabupaten Serang, Banten dan berhasil menjadi langkah positif dalam mendukung perkembangan jurnalisme digital di Indonesia.

“Mobile Journalism, yang sering disingkat sebagai “MoJo,” adalah konsep yang semakin penting dalam dunia jurnalisme modern. Hal ini memungkinkan jurnalis, pemula, dan bahkan individu biasa untuk mengambil peran dalam mengumpulkan berita, merekam video, dan membuat laporan dengan hanya menggunakan perangkat seluler mereka,” kata Laban Abraham Laisila selaku Head Of Narasi Newsroom dan Narasi Academy pada saat menjadi pemateri di kegiatan Training Mobile Journalism.

Pelatihan Mobile Journalism ini menampilkan berbagai materi, termasuk teknik pengambilan gambar, penyuntingan video, penggunaan aplikasi penyuntingan, dan etika jurnalistik dalam era digital. Peserta pelatihan diajak untuk berlatih langsung dengan perangkat seluler mereka sendiri, sehingga mereka dapat langsung mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh.

Kemitraan antara IIJ dan PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk merupakan bukti komitmen bersama untuk mendukung perkembangan industri jurnalisme di Indonesia.

PCM

PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk mengakui peran penting media dalam menyampaikan informasi yang akurat dan relevan kepada masyarakat, terutama dalam konteks industri dan lingkungan.

Selain memberikan pengetahuan praktis tentang Mobile Journalism, pelatihan ini juga memberikan kesempatan berharga untuk berkolaborasi dan berbagi pengalaman antara para peserta dari berbagai latar belakang.

“Ini adalah langkah penting untuk memperkuat jaringan dan komunitas jurnalisme di Indonesia,” imbuhnya.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari peserta, yang mengapresiasi upaya bersama IIJ dan PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk dalam mendukung literasi media dan jurnalisme yang berkelanjutan.

“Saya baru sadar, beberapa tahun terakhir yang saya lakukan ternyata adalah Mojo atau masuk ke dalam Mobile Journalism. Saya baru tau setelah mengikuti kegiatan ini,” ucap Bayu, salah satu peserta yang turut menyampaikan pendapatnya terkait Mojo.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada Jumat Sabtu, 8-9 September 2023, serta diikuti oleh puluhan wartawan yang berada di wilayah Provinsi Banten. (*/Hery)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien