Hasil Liga Champions; Sukses Higuain Buktikan Ketajaman Juventus

MONACO – Leg pertaman babak semifinal Liga Champions antara tuan rumah AS Monaco kontra Juventus berakhir dengan skor 0-2 untuk kubu tim tamu Juventus. Laga tersebut disiarkan oleh SCTV pukul 01.45 dini hari tadi langsung dari Stade Louis II.

Selain mempertontonkan ketangguhan defensif kala membendung agresifitas pemain Monaco, Juventus juga membuktikan ketajaman yang presisi dalam laga ini. Aliran serangan Monaco bisa intersep, sedangkan Higuain mampu membobol gawang Subasic dua kali.

Diawal pertandingan, terlihat kedua tim agak bermain hati-hati, sambil melihat celah dan menjajaki kekuatan lawan, tempo permainan meningkat secara perlahan.

La Veccia Signora yang seolah tanpa beban bermain lebih tenang dan lebih menguasai lini tengah dan mendikte irama permainan, Juve tampak unggul di lini tengah. Namun, seakan tidak mau terdikte, Monaco pun meningkatkan irama permainan mengandalkan kecepatan mereka dalam melakukan serangan.

Kubu Juve sempat dibuat kewalahan mengantisipasi kecepatan Kylian Mbappe di sayap kiri. Namun serangan-serangan cepat Monaco itu masih dapat digagalkan oleh solidnya lini pertahanan Juventus.

Bukannya mencetak gol, gawang Monaco justru kebobolan dimenit ke-29, ketika Juve melepas serangan balik cepat di sisi kanan. Paulo Dybala melepas umpan backheel kepada Dani Alves yang menggiring hingga ke kotak penalti Monaco. Alves lalu melepas umpan tarik yang diselesaikan dengan tendangan keras yang berbuah gol oleh Higuain.

Higuain yang bermain kurang greget sebelum mencetak gol itu. Tercatat ia dua kali membuang peluang yang diciptakan oleh Dybala dan Alves. Gol Higuain ini mampu membawa Juve unggul 1-0 hingga babak pertama usai.

Sankyu ks

Sadar dalam posisi tertinggal, di babak kedua Monaco langsung menggempur lini pertahanan Juve dengan serangan-serangan dari berbagai lini. Namun upaya determinasi Monaco masih juga bisa diintersep Juve dengan baik. Permainan offensif Monaco justru membuka celah di lini pertahanan yang bisa dimanfaatkan Juve. Monaco kerepotan dan kerap panik hingga melakukan kesalahan defensif kala Juve melakukan serangan balik.

Dan terbukti saat Bakayoko kehilangan bola di tengah dan Dybala mencurinya lalu dioper kepada Alves yang berada di sayap kanan. Alves kemudian melepas umpan silang yang diselesaikan dengan apik oleh Higuain untuk menjadi gol keduanya pada menit ke-59.

Leonardo Jardim langsung melakukan rotasi jabatan eh pemain untuk mengejar dua gol Juve tersebut. Ia pun menurunkan pemain-pemain yang ber-typecal menyerang untuk lebih mengancam pertahanan Juve.

Tapi, Massimiliano Allegri juga merespon dengan taktis. Kalau Monaco menumpuk pemain di depan, Allegri pun mengganti penyerang Higuain dengan gelandang Cuadrado, untuk bermain bertahan dan mengamankan kemenangan Juventus.

Sampai wasit meniup peluit panjang, skor 0-2 tetap bertahan. Sementara pada leg kedua nanti pertandingan akan dilangsungkan tengah pekan depan di Juventus Stadium.

Susunan Pemain;
AS Monaco : Subasic; Fabinho, Glik, Jemerson, Sidibe; Dirar, Bernardo Silva (Toure, 81′), Bakayoko (Mourinho, 66′), Lemar (Germain, 66′); Falcao, Mbappe.
Pelatih: Leonardo Jardim

Juventus : Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Dani Alves, Marchisio (Rincon, 81′), Pjanic (Lemina, 89′), Alex Sandro; Dybala, Higuain (Cuadrado, 77′), Mandzukic.
Pelatih: Massiliano Allegri. (*)