Helldy Lepas Calon Jamaah Haji Asal Cilegon

 

CILEGON – Sebanyak 389 Calon Jama’ah Haji kota Cilegon dilepas oleh Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian yang didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten, Nanang Fatchurochman dan Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Cilegon, Lukmanul Hakim di halaman Gedung DPRD kota Cilegon, Selasa (07/06/2022).

389 calon jama’ah haji ini terdiri dari 176 laki – laki dan 213 perempuan yang merupakan peserta gelombang pertama kloter ke 3 provinsi Banten yang akan di berangkatkan menuju embarkasi Jakarta Pondok Gede dengan menggunakan 9 bus yang dijadwalkan akan tiba pada pukul 19:00 Wib.

Jama’ah akan di terbangkan ke Tanah Suci Makkah pada hari Rabu 8 Juni 2022 pukul 20:10 Wib. Pada musim haji tahun ini kota Cilegon mendapatkan kuota haji sebanyak 429 orang atau 10% dari jumlah kuota jama’ah haji Provinsi Banten yaitu sebanyak 4.291 orang.

Walikota Cilegon, Helldy Agustian dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah kota Cilegon akan terus berupaya untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

“Pemerintah Kota Cilegon selalu berupaya semaksimal mungkin dalam hal memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, dan alhamdulillah tahun ini pemkot bisa memberikan kadeudeuh untuk jama’ah sebesar Rp500 ribu yang sebelumnya Rp300 ribu mudah – mudahan bisa bermanfaat untuk calon jama’ah haji Cilegon,” ucapnya.

Lebih lanjut, Helldy meminta kepada jama’ah agar dapat memberikan doa untuk pemerintah kota Cilegon.

“Kami minta agar jama’ah dapat mendoakan pemerintah kota Cilegon agar kota Cilegon pada masa pemerintahan kami dapat dimudahkan dalam segala urusannya untuk menjadikan Cilegon yang lebih baik,” ujarnya.

Helldy berharap para jama’ah dapat menjadi haji yang mabrur dan dapat kembali ke tanah air dengan selamat.

Kartini dprd serang

“Saya berharap semoga para jama’ah haji kota Cilegon dapat menjadi haji yang mabrur serta diberi keselamatan hingga pulang kembali ke tanah air,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten yang juga sebagai Ketua 1 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Jakarta- Pondok Gede (JKG), Nanang Fatchurochman mengatakan bahwa dirinya akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jama’ah haji.

“Kementerian Agama berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi tamu – tamu Allah dan akan terus bersinergitas dengan stakeholder terkait untuk memenuhi kebutuhan jama’ah sebab melayani jama’ah haji merupakan suatu hal yang sangat membahagiakan sehingga kami dapat setulus hati melayani tamu – tamu Allah ini,” ungkapnya.

Selanjutnya, Nanang menyampaikan jika kesadaran masyarakat untuk menunaikan ibadah haji terus meningkat.

“Banyak calon jama’ah haji Provinsi Banten yang masih masuk daftar tunggu yaitu kurang lebih 229.700 jika dengan kuota 4.291 maka masyarakat harus menunggu selama 54 tahun dan jika kuota haji kita normal 9.461 maka masyarakat harus menunggu selama 25 tahun,” jelasnya.

“Kenaikan yang siginfikan ini mengindikasikan bahwa secara ekonomi masyarakat Banten khususnya kota Cilegon tergolong masyarakat yang mampu dan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan perintah Allah SWT dengan menunaikan ibadah haji semakin meningkat sehingga dengan meningkatkan calon jama’ah haji maka pelayanan juga harus di tingkatkan,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cilegon, Lukmanul Hakim dalam laporannya menyampaikan bahwa jama’ah kota Cilegon gelombang pertama ini dijadwalkan akan kembali ke tanah air pada hari Rabu tanggal 20 juli 2022.

“Insya Allah jika tidak ada kendala jama’ah haji gelombang pertama ini akan tiba kembali ke tanah air pada hari Rabu tanggal 20 Juli 2022, dan semoga sepulangnya dari tanah suci jama’ah haji ini kegiatan ibadah dalam kehidupan sehari – hari dapat meningkat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian bersama Pejabat Eselon II juga ikut mengantarkan calon jama’ah haji kota Cilegon ke asrama embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) dan untuk Calon jama’ah haji termuda kota Cilegon berusia 21 tahun sedangkan calon jama’ah haji tertua berusia 64 tahun dan untuk rata – rata calon jama’ah haji kota Cilegon berusia 50 tahun.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Wali Kota Cilegon, Sanuji Pentamarta, Ketua DPRD Kota Cilegon, Isra Mi’raj, kepala OPD di lingkungan pemkot Cilegon dan unsur Forkopimda kota Cilegon. (*/Red)

Polda