Implementasi Sampah Plastik Menuju Lokasi Acara AKKOPSI Bentuk Dukungan Chandra Asri Terhadap Pemerintah

Hut bhayangkara

 

CILEGON – Dalam waktu dekat Pemerintah Kota Cilegon akan menggelar kegiatan City Sanitation Summit (CSS) yang digelar Aliansi Kabupaten-Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) di Kota Cilegon pada 6-8 Mei 2024 bertempat di TPSA Bagendung Cilegon.

PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) mengimplementasikan Jalan Aspal Plastik sepanjang 146 meter menuju lokasi acara sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan Pemerintah.

“Chandra Asri Group sebagai Mitra Pertumbuhan bagi Indonesia berkomitmen terhadap keberlanjutan, salah satunya dilakukan melalui implementasi program ekonomi sirkular. Pencapaian luar biasa ini tidak mungkin terjadi tanpa kolaborasi dan dukungan penuh dari para mitra, salah satunya adalah Pemerintah Kota Cilegon,” ujar Direktur Legal, Hubungan Eksternal dan Ekonomi Sirkular Chandra Asri Group Edi Riva’i.

“Kami berharap kolaborasi dengan Pemerintah Kota Cilegon dalam implementasi jalan aspal plastik akan mendukung pengelolaan sampah yang berkelanjutan di kota ini. Dengan pengelolaan sampah yang baik, kami yakin sampah bisa memberikan manfaat tanpa mencemari lingkungan atau memenuhi TPA. Kami percaya semua pihak memiliki peran penting dalam pengelolaan sampah, dan kami berharap kolaborasi ini akan mendorong lebih banyak lagi pengelolaan sampah plastik sehingga terwujud visi “Indonesia Asri”,” ungkap Edi.

Selain aspal plastik, Chandra Asri Group juga terus mengembangkan implementasi ekonomi sirkular melalui kerjasama dengan para pemangku kebijakan.

Loading...

Di Cilegon dan Anyer, Perusahaan menjalankan pilot project End-to-end Plastic Waste Management dengan membangun Industri Pengelolaan Sampah Terpadu – Atasi Sampah Kelola Mandiri (IPST ASARI) yang diintegrasikan dengan program SAGARA.

Salah satu pengelolaan sampah plastik yang diterapkan adalah metode pirolisis untuk mengubah plastik menjadi minyak pirolisis setara BBM yang dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat.

Walikota Cilegon Helldy Agustian yang menghadiri acara gelaran aspal plasik TPSA Bagendung sebagai salah satu titik lokasi acara CSS mengatakan bangga sekaligus mengucapkan terimakasih kepada Chandra Asri yang telah banyak membantu Kota Cilegon terutama dengan pemberian dan pengaspalan menggunakan aspal plastik yang merupakan sebuah inovasi yang sangat baik.

“Menurut kami, kegiatan pengaspalan dengan menggunakan aspal plastik tersebut dapat menjadi percontohan, penggunaan aspal plastik ini dapat menjadikan contoh bentuk pengoptimalisasian pengelolaan sampah di Kota Cilegon. Dimana, kami juga memiliki pabrik pengelolaan sampah menjadi Co-firing pertama dan terbesar di Indonesia. Harapan kami, kolaborasi seperti ini tidak berhenti di sini, tapi akan tetap terus berlanjut dalam penggunaan aspal plastik di Kota Cilegon,” ungkap Helldy.

Sebelumnya pada tahun 2019 Chandra Asri Group dan Pemerintah Kota Cilegon juga telah menuntaskan jalan sepanjang 20,2 km di 36 titik lokasi di Kota Cilegon. Gelaran di Cilegon tersebut turut menjadi bagian dari keberhasilan pembangunan jalan aspal plastik sepanjang 120,8 kilometer pada rentang tahun 2018 hingga 2023.

Capaian ini melampaui target yang semula dideklarasikan oleh Chandra Asri Group pada Our Ocean Conference 2018, yaitu hanya 100 km jalan aspal plastik. (*/Wan)

Ks rc
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien