Kafilah Kecamatan Purwakarta Juara Umum MTQ Ke-18 Kota Cilegon

Gerindra Nizar

CILEGON – Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-18 Kota Cilegon telah selesai dilaksanakan. Hasilnya, kafilah asal Kecamatan Purwakarta yang juga sebagai tuan rumah berhasil menjadi juara umum dalam perhelatan tersebut.

Kecamatan Purwakarta memperoleh nilai 86 dan mengungguli perolehan nilai tujuh kecamatan lainnya di Kota Cilegon.

MTQ Kota Cilegon ke-18 yang berlangsung selama lima hari sejak 11-15 Februari 2019 berjalan dengan baik. Penutupan MTQ ke -18 dilaksanakan di Lapangan Simpati, Lingkungan Kubang Wlingi, Kelurahan Purwakarta, Kecamatan Purwakarta, Jumat (15/2/2019) malam.

Fraksi serang

Adapun urutan peringkat lainnya hasil MTQ ke-18 kali ini, sebagai berikut; Peringkat I diraih Kecamatan Grogol dengan nilai 82. Peringkat II Kecamatan Cilegon dengan nilai 51. Peringkat III Kecamatan Cibeber dengan nilai 47. Peringkat IV Kecamatan Jombang dengan nilai 45. Peringkat V Kecamatan Citangkil dengan nilai 42. Peringkat VI Kecamatan Ciwandan dengan nilai 32. Peringkat VII Kecamatan Pulomerak dengan nilai 23.

Pada acara penutupan MTQ ke-18, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, pelaksanaan MTQ ke-18 kali ini berjalan dengan baik dan berlangsung sangat semarak yang dimulai dengan pawai ta’aruf.

“Saya nilai MTQ tahun ini berjalan dengan sangat baik sejak awal pertama dimulainya pawai ta’aruf, hal ini tentunya berkat kerja keras dan tanggung jawab serta koordinasi yang baik dari semua pihak,” tuturnya.

Fraksi

Lebih lanjut,  Edi juga mengungkapkan salah satu tujuan pelaksanaan MTQ adalah untuk meningkatkan seni baca Al Qur’an di masyarakat dan mensyiarkan ajaran Islam yang bersumber dari Al-Qur’an.

“Di samping itu juga, tujuan MTQ ini sebagai upaya untuk memahami arti, makna dan isi kandungan Al-Quran, jika hal itu dapat dilaksanakan maka Al-Qur’an betul-betul menjadi landasan moral dan pedoman hidup dalam menjalankan kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Selain itu, Edi juga berharap agar momentum perhelatan MTQ kali ini dijadikan semangat ukhuwah dan syiar Islam di Kota Cilegon.

“Kita semua berharap setelah pelaksanaan MTQ ini, kiranya Allah SWT menganugerahkan kita peningkatan wawasan serta penghayatan dan kecintaan terhadap kitab suci Al Qur’an yang menjadi tuntunan hidup kita selaku umat Islam, yang gilirannya akan memberikan pengaruh positif dalam dinamika kehidupan bermasyarakat dan pembangunan umat di Kota Cilegon yang kita banggakan ini,” terangnya.

Sementara itu, Camat Purwakarta yang juga Ketua Panitia, Balukia Iqbal, mengucapkan rasa syukur atas terselenggaranya MTQ dengan tertib dan kondusif, serta ucapan terimakasih kepada Plt. Walikota beserta jajaran Pemkot Cilegon yang telah membantu menyukseskan acara MTQ ke-18 tahun 2019. (*/Red)

[socialpoll id=”2521136″]

Gerindra kuswandi