atas

Warga Pabean Purwakarta Dukung SMPN 12, Salah Satunya Ketua Yayasan Ma’arif

DPRD pdg

CILEGON – Rencana berdirinya SMP Negeri 12 yang rencananya akan didirikan di SDN Pabean ternyata menuai pro dan kontra bagi masyarakat setempat. Padahal didirikan SMP negeri itu untuk kepentingan warga Kecamatan Purwakarta yang sudah bertahun – tahun ingin mempunyai SMP Negeri.

Untuk mengetahui berapa banyak warga yang pro dan kontra akhirnya tim Fakta Banten turun ke lapangan (turlap) ke Lingkungan Pabean dimana di lingkungan itu Pemerintah berencana akan mendirikan sekolah yang di idam-idamkan yakni SMP Negeri.

Dari hasil turlap tim Fakta Banten, memang banyak warga yang tidak menghendaki adanya SMP Negeri yang akan menempati SDN Pabean. Terutama warga alumnus SD Pabean yang tak ingin SDN tersebut beralih fungsi menjadi SMP Negeri. Namun juga tidak sedikit warga yang ingin SMP Negeri ada di Pabean bahkan mendukung program pemerintah Kota Cilegon tersebut.

Seperti dituturkan Mang Ahmad (39) warga setempat. Menurutnya rencana Pemkot Cilegon melalui Dinas Pendidikan yang akan mendirikan SMP Negeri itu sangat tepat dan jangan di perdebatkan.

Kule (saya) sangat setuju, jika Pemkot mendirikan SMP Negeri di Pabean. Uwis sih, aje, di perdebatkan, toh, pemerintah pasti sudah mengkaji dampak buruk jika SMP Negeri itu di adakan di Pabean” ujarnya kepada fakta Banten, Senin (29/3/2021).

Hal senada juga dikatakan Mang Badri warga setempat lainnya. Ia sangat setuju jika di Kecamatan Purwakarta ada satu SMP Negeri. Namun Ia tidak setuju jika didirikan di lokasi di SDN Pabean.

Sunat

“Saya Berag (senang) jika di Kecamatan Purwakarta ane SMP Negeri, tapi ari bise mah, aje ning lingkungan Pabean, tapi ning Kubang Welingi, soale ari ning Kubang Welingi iku anane di tengah – tengah, jadi siswa sing arep sekolah ningkono iku enak tempate strategis,” katanya.

Selain warga Lingkungan Pabean yang mendukung berdirinya SMP Negeri 12, Dukungan itu juga datang dari Dr. Ir. HA Sofan Ansor, M.Si selaku Ketua Yayasan Pendidikan Maarif Kota Cilegon.

“Saya selaku pendidik mendukung kebijakan Pemerintah Kota Cilegon di Pabean didirikan SMP Negeri,” ujarnya saat di hubungi via selularnya, Senin (29/3/2021).

Sofan Ansor mengatakan, sudah selayaknya di lingkungan Pabean didirikan SMP Negeri.

“Layak banget kalau di Pabean didirikan SMP Negeri. Kalaupun ada pro dan kontra Pendirian SMP Negeri itu Wajar, bagaimana kita menyikapinya tapi intinya demi kemaslahatan warga, kami sangat mendukung, kalau perlu jika banyak yang kontra soal itu tempat saya juga siap, kok untuk didirikan SMP Negeri,” katanya.

Sofan berharap warga tenang dalam menyikapi persolaan ini. Pemerintah juga sebaiknya sebelum SDN Pabean dijadikan SMP Negeri, pihak Dindik harus turun ke lapangan dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

“Saya berharap untuk warga tetap tenang dalam menyikapi persoalan ini. dan untuk Dindik turunlah ke lapangan berikan sosialisasi, berikan data kajian ke masyarakat, insya Allah kalau hal itu dilakukan saya yakin keinginan Pemkot mendirikan SMP Negeri bisa tercapai,” tutupnya. (*/Red/Rizal)

Bupati HUT pdg