Krakatau Posco Gelar Pertunjukan Istimewa, Pertukaran Budaya Indonesia-Korea

CILEGON – PT Krakatau Posco menggelar pertunjukan istimewa tentang kolaborasi budaya, yang bertajuk Gelar Pertukaran Budaya Indonesia dan Korea Selatan yang dilaksanakan di Convention Hall Hotel The Royale Krakatau, Kota Cilegon, Minggu (27/1/2019) malam.

Dalam pertunjukan yang diselenggarakan oleh Krakatau Posco, PT Posco, Habitat dan Community Chest Korea ini menghadirkan berbagai ragam pertunjukan budaya khas negeri gingseng Korea Selatan yang berpadu dengan keindahan seni budaya bangsa Indonesia.

Menurut Humas PT Krakatau Posco, Wisnu Kuncara, kunjungan 100 mahasiswa Korea Selatan selama sepekan menginap di salah satu hotel di Cilegon ini, mereka memperkenalkan 10 pertunjukan budaya tradisional dan kontemporer Korea Selatan kepada masyarakat Kota Cilegon.

“Kegiatan Gelar Pertukaran Budaya Indonesia dan Korea ini merupakan bagian dari agenda utama kunjungan delegasi relawan muda Global Posco Beyond dalam lawatan ke Indonesia, dalam hal ini Cilegon dipilih karena ada usaha mereka yakni Krakatau Posco,” ujar Wisnu kepada awak media.

Penampilan seni budaya kontemporer anak muda Korea Selatan yang berlangsung di Royale Krakatau Hotel / Dok

Sementara itu, Presiden Direktur Krakatau Posco, Kim Jhi Yong mengatakan, selain kegiatan budaya, relawan yang merupakan mahasiswa binaan Posco Korea ini juga terjun dalam program CSR pembangunan hunian bagi masyarakat Cilegon di bawah program Pembangunan Masyarakat Holistik, Housing with Steel, yang telah berlangsung di Kota Cilegon sejak tahun 2018.

“Sebagai bagian masyarakat Cilegon, suatu kehormatan tersendiri bagi Krakatau Posco untuk turut dapat menyelenggarakan pertukaran budaya Indonesia dan Korea yang syarat makna ini. Semoga kegiatan ini menjadi ajang positif untuk memperkenalkan budaya kedua bangsa,” tuturnya.

Kim Jho Yong menambahkan, bahwa para mahasiswa asal Korea ini memiliki komitmen untuk saling membantu membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik, khususnya di Indonesia.

Ks nu

“Tim relawan muda Global Posco atau disebut Beyond yang tampil pada acara ini adalah mahasiswa dari Korea yang juga untuk melakukan program CSR berupa membangun 10 unit rumah untuk masyarakat Cilegon. Dan sudah seminggu ini mereka juga melakukan aktivitas pendidikan di sekolah-sekolah di Cilegon. Semoga berbagai kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan global bagi para relawan Beyond maupun masyarakat Cilegon,” tambahnya.

Anak-anak Muda Indonesia dari Duta Seni Krakatau Steel menampilkan seni ‘Tari Merak’ dalam Pertunjukan Pertukaran Budaya Indonesia-Korea di Royale Krakatau Hotel, Minggu (27/1/2019) malam / Dok

Lebih lanjut, Kim Jhi Yong juga menegaskan dalam kegiatan Pertukaran Budaya dan program CSR Pembangunan Masyarakat Holistik tersebut, merupakan wujud nyata komitmen Krakatau Posco untuk terus melaksanakan perannya dalam kontribusi bagi masyarakat Kota Cilegon dan bangsa Indonesia.

“Tidak hanya berperan aktif dalam pembangunan ekonomi, Krakatau Posco juga akan terus berkontribusi dengan berbagai cara dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, secara terus menerus, sehingga Krakatau Posco dapat tumbuh berkembang bersama masyarakat,” tegasnya.

Di pihak lain, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Cilegon, Hery Mardiana, dalam sambutannya menyatakan Pemkot Cilegon mendukung penuh kegiatan tersebut, sebagai ajang mempromosikan budaya kedua bangsa, mempercepat hubungan antar negara dan masyarakat Indonesia dengan Korea lebih harmonis.

Dalam aksi pertunjukan sendiri makin meriah dengan sesaknya tamu undangan yang memenuhi ruangan. Para mahasiswa asal Korea yang menampilkan Tari Sogo dan Tari Topeng tampak mendapat sambutan hangat dari para pemuda Indonesia. Begitu juga penampilan seni dan tari-tadian khas Indonesia, seperti seni musik Patingtung, Tari Merak, Tari Jaipong, dan Tari Silat Peguron Silat Berru Sakti.

Dan pada puncak acara, para penonton semakin terhipnotis dengan suguhan pertunjukan kolaboratif perwakilan delegasi Indonesia dan Korea Selatan yang tampil kompak dan apik dalam menampilkan seni tari budaya asal Cilegon, Rampak Bedug. (*/Ilung)

[socialpoll id=”2521136″]

Cibeber nu