Krakatau Steel Dukung Inovasi Peluncuran Aplikasi Oke K3 Disnakertrans Provinsi Banten

CILEGON – Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan pelayanan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Kota Serang-Cilegon meluncurkan Sistem Digital dalam Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Hasil Riksa Uji Layak K3.

Sistem digital layanan ini diberi nama aplikasi OK K3, yang bisa diakses melalui website Disnakertrans UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Kota Serang-Cilegon.

Acara peluncuran ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk Cemslab Teknologi Indonesia, PT. Seho Makmur Indonesia, PT. Bintang Utama Abisatya, dan Kawasan Lama Solution.

Dalam acara yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Pusdiklat Krakatau Steel, Cilegon, Direktur Infrastruktur dan Penunjang Bisnis PT Krakatau Steel, Djoko Muljono mengapresiasi inovasi tersebut.

Djoko menyampaikan betapa pentingnya berinovasi dalam pelayanan K3 untuk mendukung keselamatan para pekerja di berbagai sektor industri.

“Aplikasi Oke K3 adalah tonggak baru dalam upaya modernisasi pelayanan K3. Kami berharap dengan kehadiran aplikasi ini, proses penerbitan Surat Keterangan Hasil Riksa Uji Layak K3 dapat menjadi lebih efisien, transparan, dan mudah diakses oleh para pemohon,” ungkap Djoko Muljono dalam sambutannya, Kamis (30/11/2023).

Aplikasi Oke K3 tidak hanya memudahkan pemohon dalam mengajukan permohonan, tetapi juga memberikan kemudahan bagi petugas dalam proses verifikasi dan penerbitan.

Hal ini diharapkan dapat memangkas waktu pengurusan, memberikan kepastian, dan mengurangi potensi kesalahan.

Advertorial

Advertorial

Direktur Infrastruktur dan Penunjang Bisnis PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Djoko Muljono, turut serta dalam launching Sistem Digital Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Hasil Riksa Uji Layak K3 / Dok

“Melalui aplikasi Oke K3, kita berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dan mendukung digitalisasi dalam menghadapi tuntutan zaman,” ujar Nirman, Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten, dalam sambutannya.

Nirman menegaskan bahwa inovasi oleh UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Kota Serang-Cilegon ini mendapat apresiasi positif dari Pj Gubernur Banten.

“Inovasi Pak Agung ini disambut baik oleh Sekda dan Pak Pj Gubernur. Dengan aplikasi ini, pelayanan akan lebih cepat lebih mudah, efisien, dan mempersingkat birokrasi,” ungkap Nirman.

Agung Ardiansyah, Kepala UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Kota Serang-Cilegon, memberikan penjelasan mendalam tentang cara penggunaan aplikasi ini.

“Pemohon dapat mengakses Oke K3 secara online, mengisi formulir dengan lengkap, melampirkan dokumen yang diperlukan, dan memonitor status pengajuan secara real-time. Jadi perusahaan yang ingin melakukan uji kelayakan harus register terlebih dahulu. Ini adalah langkah signifikan menuju pelayanan K3 yang lebih baik,” kata Agung.

Acara peluncuran diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi, dimana para pemangku kepentingan dapat berinteraksi langsung dengan tim pengembang aplikasi.

Keberadaan aplikasi Oke K3 diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk memajukan sektor K3 di wilayah ini. (*/Hery)