Lantik Pengurus LPTQ Cilegon, Helldy Ingin Seleksi Tilawatil Quran Dimulai di Tingkat RW

 

CILEGON – Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengukuhkan dan mengesahkan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qurán (LPTQ) Kota Cilegon periode tahun 2023-2028, di Hotel Jayakarta Anyer, Kamis malam, 29 Februari 2024.

Pada kegiatan tersebut dirangkai dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LPTQ Cilegon itu, Helldy menyampaikan bahwa LPTQ memiliki peran yang penting bagi generasi muda untuk mencintai dan menghafal Al-quran serta memahami maknanya secara mendalam.

“Saya berpesan kepada pengurus LPTQ yang baru dikukuhkan ini agar berupaya menjaga dan mengembangkan kegiatan keagamaan yang bernilai tinggi serta menjadikan LPTQ Kota Cilegon semakin maju dan memberikan manfaat bagi masyarakat dan umat Islam pada umumnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Helldy menginginkan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) yang ada di setiap kecamatan/kelurahan menjadi perlombaan hingga tingkat RW, sehingga ke depan setiap RW punya kepedulian terhadap pembinaan warganya.

“Saya menyampaikan apresiasi atas prestasi MTQ tahun 2023 Provinsi Banten, dimana Cilegon naik menjadi peringkat ke-6 dari sebelumnya yang posisi buncit. Tapi ke depan Cilegon harus lebih baik. Antara lain dengan menggelar STQ dari tingkat terbawah seperti di masing-masing RW,” katanya.

Helldy juga mengajak para alim ulama untuk meraih prestasi di bidang MTQ sehingga Kota Cilegon bisa tetap terangkat jati dirinya sebagai kota santri.

Kartini dprd serang

“Mari kita jadikan LPTQ sebagai Lembaga yang dapat membawa prestasi dari MTQ-nya sehingga bisa mengangkat nama Kota Cilegon dari MTQ yang ikut MTQ dari Kota Cilegon ini asli wong Cilegon,” sambung Helldy.

Pada kesempatan itu, Helldy menginginkan hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LPTQ ini harus ditentukan target prestasi yang dicapai.

“Tema Rakerda ini luar biasa yaitu “Reaktualisasi Peran LPTQ Kota Cilegon dalam Peningkatan Penghayatan dan pengamalan Al-Qur’an, saya ingin pada Rakerda ini ditentukan target prestasi, Kota Cilegon bisa menjuarai MTQ pada tahun ini di Banten dan memiliki target yang tinggi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Harian LPTQ Provinsi Banten Sholeh Hidayat mengapresiasi Kota Cilegon atas komitmen Kota yang peserta MTQ nya asli dari Masyarakat Cilegon.

“Kami tahu bahwa Cilegon tetap ingin menghadirkan dan mengirimkan pesertanya yang terbaik dari asli Cilegon, dan ini saya kira dalam jangka panjang sesuatu yang baik, supaya betul-betul yang menjadi peserta di Tingkat nasional adalah dari kita semua yang sudah disaring didikannya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sholeh berharap LPTQ Kota Cilegon bisa menghadirkan peserta MTQ yang baik.

“Saya berharap LPTQ Cilegon yang sekarang mampu mendidik peserta MTQ sehingga mampu menciptakan MTQ yang berkualitas di Tingkat nasional,” pungkasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin, Ketua MUI Kota Cilegon KH. Zubaedi Ahyani, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cilegon Lukmanul Hakim, Kepala Bagian Kesra Kota Cilegon Rahmatullah, Ketua Panitia Pelaksana KH. Hayani, serta pengurus LPTQ Kota Cilegon. (*/Red)

Polda