Mal Pelayanan Publik Kota Cilegon Dinilai dapat Mempercepat Layanan Masyarakat

Loading...

 

CILEGON – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Cilegon dinilai dapat mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Bila mengurus administrasi dari satu instansi ke instansi lain butuh banyak waktu, di MPP sekali datang bisa mendapatkan beberapa layanan.

Demikian diungkapkan Hartati, salah seorang Kader Cilegon Mandiri asal Kelurahan Kotabumi, Kecamatan Purwakarta, saat sosialisasi MPP di halaman MPP Kota Cilegon, Selasa, 23 April 2024.

Menurut Hartati, keberadaan MPP sangat memudahkan Kader dalam membantu masyarakat yang kurang paham dengan dunia birokrasi.

“Kami pernah membantu masyarakat untuk membuatkan BPJS untuk ibu hamil, ternyata pelayanan di MPP begitu cepat bahkan hanya dalam hitungan menit katu BPJS yang dibuat langsung jadi,” ujarnya.

Sankyu rsud mtq

Sebelumnya, kata dia, untuk mengurus BPJS, ia harus ke kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Sosial (Dinsos). Namun kini, cukup datang ke MPP semua layanan tersebut bisa didapat dalam waktu singkat.

“Biasanya berjam-jam atau bahkan beberapa hari,” jelasnya.

Perwakilan Karang Taruna dari Kelurahan Ramanuju, Susan, juga menyampaikan bahwa MPP merupakan inovatif yang perlu diapresiasi.

“Kami baru mengetahui keberadaan MPP ini, saat melihat di dalam kami begitu takjub bahwa inovasi ini sangat luar biasa baik, kami dapat mengurus banyak keperluan administrasi dan non administrasi dalam satu pintu,” ungkapnya.

Diketahui, selama dua hari terakhir, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggelar sosialisasi MPP kepada para Lurah, RT, RW, Kader, Karang Taruna, dan Linmas.

PCM

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran tokoh masyarakat pada sosialisasi MPP.

“Alhamdulillah Kota Cilegon punya mal pelayanan publik, mungkin sudah ada yang pernah ke sini, mungkin juga ini pertama kalinya kesini. Perlu saudara-saudara ketahui bahwa banyak pelayanan di sini,” kata Helldy.

Helldy juga menyampaikan bahwa MPP merupakan salah satu inovasi yang dimiliki Pemkot Cilegon. Hanya saja, keberadaannya perlu dioptimalkan agar masyarakat yang membutuhkan layanan dapat terbantu.

“Oleh karena itu, kami meminta bapak dan ibu yang hadir untuk turut mensosialisasikan dan mempromosikan MPP Kota Cilegon kepada masyarakat lain melalui online maupun offline supaya masyarakat butuh apa-apa terkait dengan layanan publik, cukup datang kesini, ” pintanya.

“Harapan kami dengan tersosialisasikannya MPP dengan baik dapat dimanfaatkan secara maksimal, karena dengan MPP ini dapat mempermudah segala pengurusan administrasi dan nin administrasi di Kota Cilegon,” tambah Helldy.

Sementara itu Kepala DPMPTSP Kota Cilegon Hayati Nufus menyampaikan jumlah stand dan pelayanan yang ada di MPP cukup banyak dan mengakomodir layanan dasar masyarakat.

“Tujuan didirikannya MPP ini adalah untuk mempermudah masyarakat dalam pelayanan administrasi dan non administrasi, di dalamnya ada 28 stand atau loket pelayanan yang dapat dikunjungi, yang terdiri dari 128 jenis pelayanan,” ujarnya.

Nufus juga berharap MPP dapat mempermudah segala keperluan masyarakat.

“Harapannya MPP dapat membantu bapak ibu semua, terutama kepada Kader yang membantu masyarakat tidak perlu lagi pergi jauh jauh berpindah tempat, karena sekarang semuanya sudah berada pada satu tempat.” paparnya.

Camat Cilegon Maman Suherman manilai kegiatan sosialisasi ini sangat baik bagi peningkatan kualitas layanan publik di Kota Cilegon.

“Kami sangat senang melihat mal pelayanan publik pada hari ini ramainya tidak kalah dengan mal pusat perbelanjaan. Bedanya mal ini diperuntukan untuk pelayanan masyarakat, sosialisasi ini sangat baik untuk memperluaskan informasi terkait MPP.” ucapnya. (*/Red)

 

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien