MAN 2 Sukses Jadi Tuan Rumah Kompetisi Sains Madrasah 2023 Tingkat Kota Cilegon

BPRS CM tabungan

 

CILEGON – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Cilegon yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cilegon berhasil sukses dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 8 Juli sampai 10 Juli 2023.

Pada gelaran KSM yang tiap tahun diselenggarakan, di tahun 2023 ini MAN 2 Kota Cilegon berhasil mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2023 Tingkat Kota Cilegon.

Sebelumnya, diketahui MAN 2 Kota Cilegon juga menjadi tuan rumah gelaran KSM tingkat Kota Cilegon pada tahun 2017 lalu.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Cilegon, Sumarno, yang menjabat sebagai Ketua KSM Kota Cilegon mengatakan bahwa pada ajang KSM kali ini diikuti oleh siswa-siswi madrasah dan sekolah mulai dari jenjang MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA/SMK se-Kota Cilegon.

“Awalnya KSM itu sebenarnya adalah kompetisi yang diformat atau disusun hanya untuk siswa-siswi madrasah saja. Namun dalam perkembangannya, saat ini, dan kemarin pada KSM 2023 tingkat Kota Cilegon diikuti juga oleh atau KSM juga diperuntukkan bagi siswa-siswi sekolah umum baik dari SD, SMP, dan SMA atau SMK,” kata Sumarno saat diwawancarai oleh awak media di kantornya, Selasa (11/7/2023).

Sumarno menambahkan, sebelum pelaksanaan KSM tingkat Kota Cilegon sudah diadakan uji coba terlebih dahulu pada tanggal 5 sampai 7 Juli 2023 dan juga telah diadakan pengecekan dan maintenance untuk sarana prasarana guna menunjang pelaksanaan KSM 2023 tingkat Kota Cilegon yang dimana, pengisian soal kompetisi dilakukan secara online melalui komputer yang disediakan.

“Alhamdulillah ya untuk KSM tingkat Kota Cilegon bisa berlangsung dengan sukses, lancar dan tidak ada kendala yang berarti di lapangan, khususnya mengenai perangkat atau sarana prasarana yaitu komputer, mengingat KSM pada kali ini dilaksanakan menggunakan komputer secara online. Karena memang Alhamdulillah sebelumnya juga kami sudah mempersiapkan semuanya dengan matang. Seperti melakukan update terhadap perangkat, maintenance perangkat yang dibantu oleh helpdesk dan teknisi yang ada di MAN 2 Kota Cilegon yang luar biasa bekerja siang dan malam. Saya mengucapkan rasa syukur dan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada semua pihak yang turut mensukseskan KSM tahun ini,” ucap Sumarno.

Loading...

Hal itu membuktikan bahwa KSM merupakan ajang yang mengikuti perkembangan zaman karena sudah berbasis teknologi digital. Dan MAN 2 Kota Cilegon dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan KSM karena fasilitas sarana prasarana yang mumpuni bahkan untuk penyelenggaraan KSM tingkat Kota Cilegon pada tahun 2017 lalu.

Lebih lanjut Sumarno melaporkan, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2023 tingkat Kota Cilegon ini diikuti oleh 313 siswa, terdiri dari 26 siswa SD/MI, 152 siswa SMP/MTs, dan 129 siswa MA/SMA/SMK, dengan memperlombakan beberapa mata pelajaran (Mapel).

Untuk tingkat MI/SD; Mapel Matematika dan IPA, untuk MTs/SMP; pelajaran IPA, Matematika, dan IPS, dan untuk MA/SMA/SMK; Mapel Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Ekonomi, dan Geografi.

“Alhamdulillah pada hari h atau pada saat acara KSM dimulai, 100 % peserta mengikuti kegiatan perlombaan KSM ini. Sedangkan pada saat uji coba di tanggal 5 sampai dengan tanggal 7 diikuti hampir 100 % atau 96 % peserta yang mengikuti simulasi,” ungkapnya.

Pada saat acara pembukaan, hadir beberapa tokoh seperti Kepala Kemenag Cilegon, Lukmanul Hakim, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kota Cilegon, Munirudin, dan para tamu undangan lainnya yang hadir.

Dalam sambutannya, Lukmanul Hakim selaku Kepala Kemenag Cilegon berpesan kepada seluruh peserta bahwa ajang KSM ini, harus dijadikan sebagai motivasi dan batu loncatan para peserta agar meningkatkan kemampuan dirinya dalam bidang kompetisi sains.

Selain itu ia juga menegaskan bahwa, semua peserta yang mengikuti kegiatan KSM tingkat Kota Cilegon merupakan pemenang di masing-masing madrasah atau sekolahnya.

“Yang namanya kompetisi itu istilahnya semuanya adalah sebagai pemenang artinya bagi para peserta yang hadir pada kompetisi sains ini, dia adalah pemenang dan juara di madrasah atau di sekolah asalnya,” pungkasnya.

“Saya berharap KSM ini bisa memberikan kesempatan untuk membawa khususnya siswa-siswa Cilegon bersaing di tingkat provinsi hingga tingkat nasional,” tutur Lukman menambahkan. (*/Hery)

Gerindra Banten Idul Adha
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien