Mantan Ketua DPRD Cilegon Wafat Diduga Kena Serangan Jantung, Kenali Penyebabnya

CILEGON – Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon Periode 2009-2014 sekaligus Mantan Direktur Utama (Dirut) PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) meninggal dunia diduga akibat serangan jantung.

Sebelumnya, diketahui Arief Rivai Madawi meninggal dunia akibat diduga serangan jantung saat dirinya hendak berobat menuju ke Rumah Sakit Siloam Karawaci, Kabupaten Tangerang, pada Selasa (15/11/2022) pukul 13.15 WIB.

Bahkan, dikatakan oleh keponakannya, Arief selama dua hari ini sempat mengalami sesak nafas sehingga harus dibawa ke Rumah Sakit Siloam.

Salah satu warga yang sempat mengobrol beberapa waktu lalu dengan Almarhum Arief Madawi pun mengatakan bahwasanya beliau mengalami sesak nafas namun masih bisa beraktivitas.

Lalu, bagaimana seseorang bisa mengalami serangan jantung atau penyakit jantung. Apa penyebabnya?

Diringkas dari halodoc oleh Fakta Banten pada Selasa (15/11/2022), Penyebab Penyakit Jantung bermacam-macam tergantung dari jenis penyakit jantung yang diderita. Seperti yang dijelaskan dibawah ini :

1. Penyakit jantung koroner, disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di jantung.

2. Penyakit jantung bawaan, hingga saat ini tidak diketahui dengan pasti penyebabnya. Beberapa faktor risikonya, antara lain ibu terinfeksi rubella saat hamil, ibu mengonsumsi obat tertentu saat hamil, atau adanya kelainan gen.

3. Infeksi jantung (endokarditis), umumnya disebabkan oleh virus atau bakteri. Bakteri yang paling umum ditemui sebagai penyebabnya adalah infeksi bakteri Streptococcus beta hemolyticus grup A.

Ks nu

4. Gagal jantung, umumnya disebabkan oleh penyakit jantung koroner, infeksi, atau adanya kelainan katup jantung.

5. Aritmia, umumnya disebabkan oleh kelainan bawaan, adanya otot jantung yang mati karena penyakit jantung koroner, konsumsi alkohol atau kafein yang berlebihan, stres, atau efek samping obat tertentu.

Faktor Risiko Penyakit Jantung
Beberapa faktor risiko penyakit jantung antara lain gaya hidup tidak sehat, seperti makan makanan tinggi karbohidrat atau lemak, obesitas, jarang melakukan aktivitas fisik, serta kebiasaan merokok.

Riwayat keluarga juga memainkan peran besar akan risiko penyakit jantung.

Gejala Penyakit Jantung
Beberapa gejala penyakit jantung, antara lain:

1. Penyakit jantung koroner, gejala utamanya adalah nyeri dada, yang dapat disertai dengan sesak napas, nyeri yang menjalar ke lengan kiri, atau ke rahang.

2. Penyakit jantung bawaan, gejalanya dapat berupa sesak dan terlihat membiru saat menangis atau menyusu, bengkak di sekitar mata dan di tungkai, serta berat badan tidak bertambah.

3. Infeksi jantung (endokarditis), gejalanya berupa demam, denyut jantung tidak teratur, sesak napas, bengkak di perut atau tungkai, serta batuk-batuk.

4. Gagal jantung, gejalanya berupa sesak napas yang makin berat saat beraktivitas, sesak napas yang makin berat saat berbaring, tungkai bengkak, dan perut membesar.

5. Aritmia, gejala yang dapat timbul berupa jantung berdebar-debar, rasa tidak nyaman di dada, sesak napas, sensasi melayang, bahkan hingga pingsan. (*/Hery)

Cibeber nu