Partai Politik di Cilegon Diminta Tingkatkan Kualitas Demokrasi

 

CILEGON– Guna meningkatkan peran dan fungsi partai politik dalam pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat luas, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cilegon gelar sosialiasi peningkatan peran partai politik bertempat di Forbis Hotel, Rabu, (23/11/2022).

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Kehidupan Demokrasi Kesbangpol Cilegon, Sri Wahyuningsih mengatakan partai politik di Kota Cilegon diharapkan menjalankan fungsi sosial politik yang berperan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu yang bebas, rahasia, jujur dan adil sehingga dapat meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam pemilu tahun 2024

MTQ Pemkot

“Maksud diselenggarakannya kegiatan penguatan peran partai politik Kota Cilegon tahun 2022 adalah dapat meningkatkan fungsi partai politik dalam pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat luas agar, menjadi warga negara Indonesia yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” ujarnya

Sementara itu, Plt. Kepala Badan Kesbangpol Cilegon Sri Widayati menyebut kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan indeksi partisipasi pemilih dalam pemilu tahun 2024 mendatang.

Menurut Sri, partai politik memiliki peranan penting dalam proses pesta demokrasi yang aspiratif dan demokratis.

“Peran partai politik telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi sistem politik nasional terutama dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang dinamis. Jika kapasitas dan kinerja partai politik dapat ditingkatkan maka hal ini akan berpengaruh besar terhadap peningkatan kualitas demokrasi dan sistem politik, oleh karena itu, peran politik perlu ditingkatkan kapasitas, kualitas dan kinerjanya agar dapat mewujudkan aspirasi dan kehendak rakyat dan meningkatkan kualitas demokrasi,” pungkasnya. (*/Nas)

Adam