Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Cilegon Berjalan Lancar, Penghitungan di Tiap TPS Masih Berjalan

Dprd ied

 

CILEGON – Pemilihan umum di Kota Cilegon yang digelar serentak, Rabu (14/2/2024) ini berjalan lancar.

Proses tahapan pemungutan dimulai dari pukul 07.00 – 13.00. Sementara penghitngan suara dimulai pukul 13.00 sampai dengan selesai sesuai jenis surat suara masing-masing.

Urip Haryantoni Divisi Teknis pada KPUD Cilegon mengatakan, secara umum proses pemungutan suara berjalan baik dan lancar.

Semua itu menurut Urip, berkat dukungan seluruh masyarakat dan media berkenaan dengan sosialisasikan proses pemungutan dan penghitungan suara di tanggal 14 Februari 2024 ini.

dprd tangsel

“Untuk selanjutnya, proses perhitungan saat ini sedang berjalan sampai dengan selesai untuk 5 jenis surat suara yaitu surat suara Presiden dan Wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota,” ujar Urip, Rabu (14/2/2024).

Soal prosentase suara masuk, urip menyampaikan belum mengetahuinya karena alasan petugas masih bekerja dan harus tetap berkonsentrasi sampai selesai. Meski begitu dia berharap penghitungan suara sudah selesai sebelum pukul 00.00 WIB.

Selebihnya, kalau surat suara hasil penghitungan di KPPS sudah selesai, nanti kata Urip akan di sampaikan oleh KPPS melalui PPS ke PPK.

“Di tahapan PKPU 5 tahun 2024 tentang rekapitulasi hasil perolehan suara dan penetapan, tanggal 14-15 itu pergeseran dari KPPS melalui PPK. Untuk rekapitulasi di tingkat PPK dimulai setidaknya tanggal 15 sampai 2 Maret 2024,” tambah Urip.

Penting diketahui, hasil penghitungan salinan C, akan didapat oleh peserta pemilu sesuai dengan jumlahnya, pengawas TPS, KPPS untuk di tempel di lokasi TPS-nya, dan KPU. (*/Wan)

Golkat ied