Pendaftaran Mudik Gratis Pemkot Cilegon Membludak, Helldy Sumbang 1 Bus Jurusan Lampung

Dprd ied

 

CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon kembali menggelar program mudik gratis sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat yang akan merayakan hari raya Idul Fitri.

Tahun ini, program tersebut kembali digelar dengan sokongan atau dukungan berupa sumbangan Bus dari industri-industri yang ada di Kota Cilegon.

Namun, pada hari pendaftaran mudik gratis untuk jurusan Jawa Tengah (Purwokerto, Solo, Yogyakarta, Pekalongan, Semarang, Tegal), dan Sumatera (Lampung, Palembang, Padang), pada Minggu (31/3/2024), antusiasme warga pun membludak. Bahkan terpantau pada pukul 08.00 WIB pendaftaran dibuka, banyak warga juga yang masih mengantri di luar garis pembatas dikarenakan kuota untuk antri sudah penuh.

Pada hari Selasa (2/4/2024), juga banyak warga yang datang ke kantor Dinas Perhubungan untuk mengambil bukti pendaftaran atau voucher tiket mudik gratis, dikarenakan pada waktu pendaftaran mesin cetak voucher mengalami trouble.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Cilegon, Heri Suheri, menyatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur atas antusiasme yang luar biasa dari warga Cilegon terhadap program mudik gratis ini.

“Kami tidak menyangka bahwa warga akan seramai dan seantusias menyambut program ini,” ujar Heri, pada Selasa (2/4/2024).

dprd tangsel

Kata Heri, saat pendaftaran, banyak juga warga yang datang setelah sholat subuh agar bisa mendapatkan kuota mudik gratis. Helldy Agustian selaku Walikota Cilegon juga kembali memantau pendaftaran mudik gratis hari kedua pada Minggu (31/3/2024).

Dikarenakan banyak warga yang ingin mudik ke wilayah lampung protes kepada Helldy mengenai diri mereka yang tak mendapatkan kuota, akhirnya Helldy berinisiatif untuk memberikan tambahan 1 Bus dari dirinya pribadi, untuk memfasilitasi warga Cilegon mudik ke kampung halamannya.

“(Ada tambahan 1 Bus) lampung ya, untuk (jurusan) lampung. Karena memang Bus yang ke jurusan Palembang ternyata banyak orang-orang lampung,” ucap Helldy menjelaskan.

Warga pun sangat terharu dan bersyukur atas sumbangan tersebut. Banyak yang menganggapnya sebagai berkah besar, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan ekonomi. Mereka berharap semangat kebaikan ini akan terus terjaga dan menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Cilegon.

“Alhamdulillah terimakasih kepada Bapak Helldy Agustian, tadinya kita sempat khawatir karena kuota sudah habis, namun pas kemarin Pak Wali datang, beliau menjanjikan akan memberikan satu tambahan mobil untuk ke wilayah Lampung. Saya ucapkan terimakasih sekali lagi,” kata Feni, salah satu warga yang akan mudik ke Lampung.

Pendaftaran mudik gratis ini dilakukan secara offline, dimulai dari tanggal 30 Maret 2024 hingga 31 Maret 2024. Masyarakat cukup mendaftar dengan membawa KTP dan KK asli serta fotokopiannya dan mendaftar langsung ke Kantor Dinas Perhubungan Kota Cilegon.

Saat ini, warga yang mendaftar semuanya sudah mendapatkan bukti pendaftaran atau voucher tiket gratis dan tinggal menunggu pemberangkatan yang rencananya dijadwalkan serentak baik jurusan ke Jawa atau Sumatera yaitu pada tanggal 5 April 2024. (*/Hery)

Golkat ied