Pecahan Rp2.000 dan Rp5.000 Paling Diminati di Banten

 

SERANG – Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten menggelar Taklimat Media bersama sejumlah jurnalis di salah satu Kafe yang ada di Kota Serang, pada Selasa, (2/4/2024).

Taklimat kali ini bertajuk “Perkembangan Inflasi dan Kesiapan Pendistribusian Uang Layak Edar Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 1445 H”.

BI Banten mencatat, penukaran uang di loket pelayanan Bank Indonesia telah dilaksanakan sejak awal bulan Maret untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, instansi, dan BPR di wilayah Banten.

Kartini dprd serang

“Hingga saat ini realisasi tercatat sudah Rp19,3 miliar dengan rata-rata Rp1,2 miliar per hari,” ujar Deputi Kepala Perwakilan BI Banten, Jajang Hermawan dalam paparannya.

Adapun pecahan yang paling diminati sebut dia, di antaranya pecahan Rp5.000, Rp2.000, dan Rp10.000 dan diikuti pecahan lainnya.

Selanjutnya, Kas Keliling Bank Indonesia Provinsi Banten sendiri telah bekerja sama dengan 7 perbankan dalam bentuk upaya sinergi bersama-sama memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan uang baru Ramadan dan Idul Fitri 2024, adapaun bank tersebut ialah BWS, Mandiri, BNI, BTN, BJB, BJB Syariah, dan BCA.

Dikatakannya, Bank Indonesia beserta 7 bank tersebut melayani masyarakat disejumlah titik area Kota dan Kabupaten dari 19 Maret hingga 5 April 2024 dan dapat melihat jadwalnya melalui www.pintar.bi.go.id dengan kuota maksimum 4 juta untuk setiap penukar.

Realisasi pemenuhan uang baru melalui kegiatan kas keliling lanjut dia, sebanyak Rp10,3 miliar dengan rata-rata sebesar Rp1,5 miliar perhari. Adapaun pecahan yang paling diminati masyarakat ialah Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 10.000. (*/Faqih)

Polda