Pentingnya Tumbuhan di Cilegon Sebagai Kota Industri

Dprd

*) Oleh: Ilung (Sang Revolusioner)

TIDAK bisa kita pungkiri kalau tumbuhan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan di muka bumi ini. Bukan hanya bagi manusia, tumbuhan juga sangat dibutuhkan oleh hewan, serta bagi Makhluk Allah SWT lainnya di bumi ini termasuk yang kasat mata seperti bangsa Jin, sehingga beberapa pohon tertentu dianggap wingit dan angker.

Tumbuhan juga sangat penting perannya dalam menjaga keseimbangan kehidupan di muka bumi.

Pernahkah kita membayangkan bagaimana jadinya bila tidak ada tumbuhan di bumi ini? Sebelum membayangkannya, saya ajak untuk belajar bersama mengenai kegunaan tumbuhan bagi manusia serta keberlangsungan makhluk hidup lainnya.

Dampak Negatif Industri di Cilegon

Sankyu rsud mtq

Sebelum membahas lebih jauh peran dan kegunaan tumbuhan, saya ajak untuk sejenak mengenal karakteristik wilayah Kota Cilegon yang luasnya hanya 17.550 Km2 akan tetapi dalam perencanaan pembangunannya dalam RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) lebih condong untuk industri dan perdagangan, meskipun kota kecil ini sudah dipadati ratusan industri raksasa.

Selain dampak positifnya, perlu juga diketahui dampak negatif dari industri. Salah satu yang penting sadari adalah berubahnya gaya hidup sampai kepribadian masyarakat. Diantara banyak dampak negatif lainnya adalah;
potensi terjadinya pencemaran lingkungan, adanya polusi udara dari asap industri, adanya pencemaran air dari limbah pabrik, banyaknya sumber daya alam yang rusak karena industri, banyaknya lahan pertanian dan nelayan yang hilang karena digunakan untuk industri, konsumerisme, terjadinya peralihan mata pencaharian, terjadinya urbanisasi dari luar daerah, terjadinya permukiman kumuh di kota-kota dan sebagainya.

Apalagi pada faktanya pemukiman penduduk di wilayah perkotaan Cilegon yang semakin padat, pohon-pohon di sisi jalan protokol ditebangi untuk proyek trotoar. Dan bahkan banyak di perkampungan khususnya di sekitar JLS (Jalan Lingkar Selatan) banyak yang menjadi tandus akibat industri tambang pasir yang atas nama perataan lahan terus mengeruk area terbuka hijau.

Padahal secara historis sebelum hadirnya industri berat di Cilegon, mata pencaharian masyarakatnya sebagian besar adalah bertani. Suatu profesi yang menjadikan kota ini terdapat banyak tumbuhan yang selain berguna sebagai pakan, keberadaan tumbuhan juga menjadikan nilai estetika tersendiri di antara banyak manfaatnya.

Fungsi tumbuhan dalam pencegahan terjadinya global warming yang merupakan hasil reaksi dari gas industri dan rumah kaca dan berbagai aktivitas manusia di kawasan kota industri ini sangatlah penting. Santernya isu global warming ada di depan mata kita, mengancam kehidupan manusia dan berbagai kekayaan alam yang ada.

Gas industri dan rumah kaca terdiri dari beberapa gas, termasuk gas karbondioksida (CO2), dan secara alami tumbuhan dapat menyerap dan merubah CO2 dengan berbagai tahapan menjadi oksigen yang kemudian dikembalikan ke udara.
Dalam satu tahun, tumbuhan mampu menyerap CO2 setara dengan jumlah gas yang dihasilkan ketika kita berkendara dengan mobil, 26.000 mil.

Manfaat tumbuhan bagi manusia:

– Tumbuhan Memberikan Pembersih Udara

Tumbuhan mampu membantu menyerap gas karbondioksida serta berbagai polusi di udara. Selain itu tumbuhan merupakan produsen dari oksigen sehingga mampu memberikan manfaat oksigen ke udara sehingga udara menjadi lebih bersih. Apalagi saat ini polusi di udara sudah sangat mengkhawatirkan seperti polusi dari berbagai pabrik, kendaraan bermotor, asap rokok, gas jahat seperti nitrogen, ammonia, karbondioksida, ozon, sulfur dioksida dan lainnya. Pohon yang memiliki banyak dahan dan ranting juga bisa menyaring debu dan kotoran yang ada di udara.

– Tumbuhan Menyejukkan Udara

Salah satu manfaat dari adanya tumbuhan adalah bisa menyejukan udara. Menurut penelitian menunjukkan bahwa daerah yang memiliki cuaca sangat panas jika ditanami tumbuhan akan menjadi sejuk secara bertahap. Hal ini membuat daerah menjadi lebih sejuk. Hal ini masih berkaitan dengan oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan sendiri sebagai hasil dari fotosintesis. Udara yang terkontaminasi oleh polusi akan digantikan dengan udara segar ketika menyentuh daun.

– Menjadi Sumber Bahan Pangan

Salah satu manfaat utama dari tumbuhan adalah sebagai sumber bahan pangan bagi manusia dan hewan. Tumbuhan merupakan sumber manfaat karbohidrat , manfaat protein, vitamin, serat, lemak serta senyawa lainnya yang sangat berguna bagi kehidupan manusia dan hewan. Berbagai zat yang ada di dalam tumbuhan mampu memberikan energi dan berbagai asupan gizi serta nutrisi untuk membuat tubuh manusia tetap sehat dan bugar. Namun perlu diperhatikan lagi ya bahwa tidak semua tumbuhan itu mengandung nutrisi yang baik karena ada beberapa jenis tumbuhan yang bahkan beracun dan sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia.

Dede pcm hut

Tumbuhan memiliki beberapa bagian yang dapat digunakan sebagai bahan pangan diantaranya adalah daun, batang dan akar, buah dan bunganya. Tumbuhan kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang bisa dimanfaatkan semua bagian tubuhnya dan buahnya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

– Melindungi dari Sinar Matahari

Salah satu manfaat dari tumbuhan yang sangat berguna bagi manusia adalah sebagai tempat berteduh dari teriknya panas matahari dan di kala hujan melanda. Seperti yang telah diketahui bersama jika terkena sinar matahari dan air hujan dalam kadar yang cukup tinggi maka akan membuat badan menjadi tidak sehat. Pohon-pohon rindang juga sangat berguna sebagai tempat berteduh.

– Sebagai Bahan Material Bangunan

Tumbuhan bisa digunakan sebagai bahan bangunan yang diambil dari kayu. ada beberapa jenis kayu yang saat ini sangat kuat dan bisa digunakan untuk membuat bangunan diantaranya adalah manfaat kayu jati, kayu mahoni, sengon, albasia dan lainnya. selain sebagai bahan bangunan kayu juga bisa digunakan sebagai berbagai perabotan seperti meja, kursi, lemari, dan lainnya.

– Sebagai Penambah Nilai Estetika

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan bisa digunakan adalah dengan penambah nilai estetika seperti tanaman hias. Saat ini sudah banyak jenis tumbuhan yang memiliki bunga indah dengan warna yang menawan sehingga membuat orang yang memandangnya menjadi lebih betah. Dan banyaknya tumbuhan bisa menjadikan pemandangan jadi rindang, asri dan enak dipandang.

– Sebagai Bahan Pakaian

Tahukah anda bahwa pakaian yang selama ini kita pakai adalah hasil dari tumbuhan? Ya, tumbuhan memang bisa menghasilkan bahan baku kain yaitu kapas dan benang.

– Sebagai Obat-obatan

Beberapa jenis tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai obat baik dicampur dengan bahan kimia maupun dikonsumsi secara herbal. Namun saat ini sudah banyak orang yang lebih memilih menggunakan tanaman sebagai obat herbal karena lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping.
Serta masih banyak lagi manfaat tumbuhan yang tidak bisa semuanya penulis uraikan

Hijaukan Kembali Kota Cilegon

Mengingat banyaknya manfaat kegunaan serta peran tumbuhan, seperti yang telah diketahui pihak Pemerintah Kota Cilegon yang dibayar dan tugaskan mengelola dan menata kota, serta sudah adanya payung hukum serta dalam Undang-undang nomor 26 tahun 2007 tentang penataan ruang. Berdasarkan UU ini pemerintah lalu membuat Permen sebagai teknis pelaksana melalui Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 05/Prt/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan.

Dalam Permen ini yang dimaksud dengan ruang terbuka hijau adalah area memanjang/jalur atau mengelompok, yang penggunaannya lebih bersifat terbuka sebagai tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh secara alamiah maupun yang sengaja ditanam.

Adapun fungsi dari penataan Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan adalah sebagai Pengamanan kawasan lindung perkotaan, pengendali pencemaran dan kerusakan tanah, air dan udara, sebagai perlindungan plasma nutfah dan keanekaragaman hayati serta pengendali tata air dan sarana estetika kota.

Namun sebagai masyarakat yang baik, sudah selayaknya kita masyarakat Cilegon saat ini untuk memiliki rasa gairah untuk kembali gemar menanam sebagaimana orang tua kita dulu. Bagi yang memiliki sebuah rumah dan terdapat sisa tanah setidaknya dapat dimanfaatkan untuk ditanami tumbuhan. Terlebih yang memiliki tanah luas yang belum dibuat produktif atau menjadi lahan tidur untuk dibangunkan menjadi produktif dan upayakan jangan dijual ke pemilik modal apalagi pendatang.

Teringat ide seorang kawan yang menginginkan Walikota Cilegon memiliki atau menginstruksikan program menanam pohon kelapa 500 batang/ RT, kepada 43 kelurahan. Dan bisa jadi Cilegon akan bisa swasembada kelapa, blondo, minyak kletik dan sebagainya.

Cilegon tidak lagi menggantungkan pasokan kebutuhan kelapanya dari luar Cilegon, khususnya kelapa muda yang banyak dijual dipinggir-pinggir jalan itu. Maka, setelah membaca paparan tulisan ini silahkan bayangkan-jangan skala bumi deh, di Cilegon saja-apa jadinya kalau tidak ada tumbuhan? (*)

*) Penulis adalah Jurnalis Fakta Banten

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien