Peringati Maulid, Warga Cilegon Gelar Budaya Panjang Maulid dan Dzikiran

Loading...

 

CILEGON – Menjelang pertengahan Bulan Maulid, khususnya di perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah pada tanggal 12 Rabi’ul Awal, masyarakat Kota Cilegon aktif mengadakan perayaan Panjang Maulid di berbagai lingkungan.

Salah satunya, di Lingkungan Priuk, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, yang menggelar tradisi Panjang Maulid dan Dzikir Maulid di masjid setempat pada Kamis (28/9/2023).

Arif Setiaji, salah satu panitia PHBI Maulid Nabi Muhammad SAW, menyatakan bahwa masyarakat Link. Priuk dengan swadaya dan gotong royong berhasil mempertahankan tradisi Panjang Maulid.

Mereka juga mengundang para pedzikir dari Link. Seneja untuk meramaikan acara tersebut. Ritual dzikir, yang melibatkan puji-pujian untuk Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW, berlangsung dari pagi hingga dhuhur.

Sankyu rsud mtq

Setelahnya, panjang maulid yang telah dibuat oleh warga diserahkan kepada ratusan pedzikir dengan sukacita.

PCM

Arif menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan ekspresi cinta masyarakat Link. Priuk terhadap Nabi Muhammad SAW. Meskipun belum memiliki pedzikir di lingkungan mereka, mereka tetap menjaga tradisi ini dengan mengundang dari lingkungan sekitar.

“Panjang maulid ini sebagai bentuk ekspresi kecintaan warga kami kepada Baginda Nabi Muhammad SAW, yang setelah dikumpulkan di masjid kita iring atau antarkan untuk para pedzikir. Biasanya di lingkungan lain saling bergantian mengundang, berhubung di Link. Priuk belum ada pedzikir sementara ini kita hanya bisa mengundang, mudah-mudahan itu tidak mengurangi nilai silaturahmi dalam tradisi keagamaan ini,” terangnya.

Arif berharap agar tradisi ini semakin meriah di tahun-tahun mendatang dan membawa keberkahan serta syafa’at dari Rasulullah SAW di lingkungan mereka.

“Kita berharap tradisi maulid yang masih terus kami jaga kelestariannya ini bisa lebih meriah di tahun berikutnya. Semoga membawa keberkahan dan menghadirkan syafa’at dari Rasulullah SAW di lingkungan kami,” imbuhnya.

Lurah Sukmajaya, Irfan Sonhaji, yang turut hadir dan mendukung acara tersebut, memberikan apresiasi tinggi terhadap antusiasme warga Link. Priuk dalam menjaga tradisi keagamaan ini. Dia berharap bahwa momen kelahiran Nabi Muhammad SAW dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Cilegon, khususnya di Kelurahan Sukmajaya, untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta mengamalkan ajaran yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

“Semoga momentum peringatan Maulid Nabi ini dijadikan sauri tauladan bagi kita semua. Menjadi Manusia yang berakhlaqul karimah seperti yang dicontohkan oleh beliau Rasulullah SAW, Dan semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya di hari kiamat nanti, aamiin.,” ucap Lurah Sukmajaya. (*/Hery)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien