Perusahaan Suami Puan Maharani Akan Ambil Alih Kepemilikan PT Krakatau Tirta Industri di Cilegon?

 

CILEGON – PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) memastikan sedang mengikuti tender divestasi anak usaha PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang bergerak di bidang pengolahan air, yakni PT Krakatau Tirta Industri (KTI).

RAJA yang diketahui perusahaan milik suami Puan Maharani, Hapsoro Sukmonohadi itu, telah mengumumkan rencana akuisisi PT Krakatau Tirta Industri di Cilegon tersebut dalam keterbukaan infomasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), pada Senin 15 Agustus 2022.

RAJA berencana menggelontorkan investasi sebesar 135 juta dolar AS setara Rp 2 triliun dengan estimasi waktu penyelesaian perjanjian pada Desember tahun ini.

Sumantri Suwarno, Direktur PT Rukun Raharja menyampaikan, RAJA telah lolos tahap pertama dari tender divestasi PT Krakatau Tirta Industri, setelah pihaknya menyampaikan non-binding indicative offer (NBIO).

Saat ini, RAJA tengah menjalani proses tahap kedua yang mana emiten tersebut akan memberikan tawaran final untuk akuisisi PT KTI. Adapun tahap tersebut akan berlangsung sampai 30 September 2022 mendatang.

“Pekan lalu kami sudah site visit ke Cilegon dan mengikuti paparan manajemen di sana. Ini menjadi bagian proses akuisisi aset anak usaha Krakatau Steel melalui tender,” ungkap Sumantri dalam Public Expose Live 2022, Senin (12/9/2022).

Ks nu

Untuk diketahui, RAJA sebelumnya sudah memiliki lini bisnis pengolahan air bersih atau Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) melalui cucu usahanya yaitu PT Bravo Delta Persada.

Adapun induk perusahaan tersebut adalah PT Triguna Internusa Pratama, yang awal mulanya berbisnis investasi infrastruktur gas di berbagai daerah Indonesia.

Dijelaskan Sumantri, RAJA memulai bisnis pengolahan air bersih dalam skala yang kecil, yang awalnya bekerjasama dengan PDAM Bandung Barat untuk melakukan kegiatan operasional di sektor tersebut.

Setelah beberapa tahun beroperasi, Manajemen RAJA menilai bahwa bisnis pengolahan air bersih memiliki masa depan yang menjanjikan. Apalagi, keahlian RAJA di bidang migas ternyata juga bisa disalurkan dalam bidang pengolahan air bersih.

“Oleh karena itu, ketika ada peluang untuk ikuti tender di Krakatau Steel kami memutuskan untuk mengikuti divestasi aset PT Krakatau Steel,” kata dia.

Sebagai informasi, pada laporan keuangan yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Minggu (21/8/2022), dijelaskan pendapatan RAJA per semester I-2022 tumbuh 11,84% year on year menjadi 56,09 juta dolar AS atau setara Rp 833,52 miliar (asumsi kurs Rp 14.860 per dolar AS).

Namun dalam enam bulan pertama tahun 2022 ini, ternyata PT Rukun Raharja mencatatkan laba bersih senilai 2,81 juta dollar AS. Nilai tersebut melonjak drastis hingga 976,77%, jika dibandingkan dengan periode enam bulan pertama tahun 2021 yang hanya US$261,17 ribu. (*/Net)

Cibeber nu