Posko BPJS di Merak Catat Pemudik Banyak Terjangkit Gangguan ISPA

CILEGON – Gangguan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) diketahui banyak menjangkiti para pemudik. Hal ini berdasarkan laporan dari Posko BPJS Kesehatan yang ada di Pelabuhan Merak, pada Jumat (23/6/2017).

Beberapa penyakit yang terdeteksi di posko mudik, diantaranya sekitar 13 penderita ISPA, 2 penderita influenza, 8 hipertensi, 1 penderita diabetes militus, 10 penderita dispepsia, 7 penderita demam dan pusing, 1 kecelakaan, dan 5 rujukan Puskesmas dan rumah sakit.

Ks nu

“Ada sekitar 57 yang melakukan cek, dan ISPA yang paling banyak, sementara untuk penyakit berat kami rujuk ke rumah sakit sekitar 5 orang,” ungkap dr. Adam saat ditemui di Posko BPJS dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Jum’at (22/6/2017).

Sementara itu, Para Medis KKP Syaefudin menjelaskan bahwa penderita ISPA banyak diderita oleh pengendara roda dua, karena tidak memakai masker sehingga sepanjang jalan menghisap debu dan asap knalpot.

“Banyak diderita oleh pengendara motor, sepanjang jalan menghisap debu dan asap knalpot, ditambah mereka tidak memakai masker,” ungkapnya. (*)

Cibeber nu