Resmi Launching, Bus Trans Cilegon Siap Beroperasi

Gerindra Nizar

CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon secara resmi melaunching Bus Trans Cilegon sebagai Sistem Angkutan Umum Massal (SAUM) bagi masyarakat Cilegon. Acara ini digelar di Terminal Seruni, Kamis (7/2/2019).

Dalam launcing yang secara simbolis berupa Penyiraman Air dan Pemecahan Kendi dilakukan oleh Plt Walikota Cilegon Edi Ariyadi tersebut, turut dihadiri unsur Muspida, kepala OPD, Camat dan Lurah yang wilayahnya dilintasi atau masuk dalam rute Bus Trans Cilegon.

“Merujuk Undang-Undang 22 Tahun 2009 Tentang LLAJ, dengan diselenggarakannya Sistem Angkutan Umum Massal Kota Cilegon, masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan massal sehingga bisa mengurangi kemacetan di Kota Cilegon. Shelter yang sudah kita bangun ada 4, 3 di JLS yang 1 di Terminal Seruni ini. Pengadaan bus tahun 2018 baru dua armada, rencana akan ada penambahan lagi,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon) Andi Affandi dalam sambutannya.

Fraksi serang

Sebagai OPD yang mengelola beroperasinya Bus Trans Cilegon, Andi menjelaskan jadwal dan rute serta menegaskan bahwa SAUM ini masih di gratiskan bagi masyarakat Cilegon.

Fraksi

“Akan ada lima koridor, Operasional jadwal pada jam sibuk, pukul 06-10.00 WIB dan 12.00-19.00 WIB, rute koridor 1 di JLS- Ciwandan. Tarif masih gratis belum ada penetapan sampai berplat kuning,” jelasnya.

“Kami mendorong Stakeholder perusahaan turut partisipasi ikut mendorong transportasi massal ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Walikota Cilegon dalak sambutannya memberikan apresiasi kepada Dishub Kota Cilegon yang telah berhasil merealisasikan RPJMD.

“Apresiasi kepada dinas terkait yang sudah bekerja keras dalam mewujudkan Bus Trans Cilegon ini, semoga bisa mempermudah masyarakat Cilegon dalam menggunakan transportasi angkutan umum massal. Program ini RPJMD sejak PaknIman dulu, diharapkan jadi alternatif memecahkan kemacetan lalu lintas khusunya di jalan protokol,” tuturnya. (*/Ilung)

Gerindra kuswandi