Sambut HUT TNI Ke-72, Ada Operasi Katarak Gratis di Makodim 0623 Cilegon

pcm koperasi

CILEGON – Dalam rangka menyambut HUT TNI Ke-72 pada 5 Oktober mendatang, Kodim 0623 Cilegon menyelenggarakan Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan berupa operasi katarak kepada ratusan warga Cilegon dan sekitarnya di Markas Kodim Cilegon, Rabu (6/9/2017) pagi tadi.

Diselenggarakannya kegiatan baksos pengobatan katarak ini merupakan salah satu rangkaian awal berupa Medical Cek, yang selanjutnya masyarakat yang memenuhi kriteria dalam screening hari ini akan dilakukan operasi katarak yang berlokasi di Dermaga Pelabuhan Indah Kiat, Merak, pada Tanggal 1 Oktober 2017.

Hal ini dikatakan oleh Perwira Seksi Teritorial Kodim 0623 Cilegon, Kapt. Inf. Gatot Wijayanto.

“Giat Baksos Katarak ini sebagai rangkaian dari kegiatan HUT TNI ke-72, yang puncaknya dilaksanakan di Dermaga Indah Kiat Merak. Kegiataan Baksos pengobatan katarak ini didahului Madical Cek meliputi Cek Jantung, Gula Darah, Telinganya, Tensi Darah dan sebagainya. Seandaianya ini lolos dalam medikal cek up, langsung dioperasi di Pelabuhan Indah Kiat Merak,” ujarnya kepada awak media.

Setelah dilakukan pendataan oleh Babinsa dan Danramil, hingga terkumpullah 379 masyarakat yang mengikuti kegiatan baksos katarak ini, yang berasal dari 13 Kecamatan 8 Kecamatan di Kota Cilegon dan 5 Kecamatan di Kabupaten Serang yang masuk dalam teritori wilayah Kodim 0623 Cilegon.

Loading...

“Ini yang merekrut Babinsa yang kemudian melapor ke Danramil. Selain screening dalam kegiatan hari ini juga ada pemeriksaan kesehatan lainnya seperti mendeteksi kanker, bantuan kesehatan berupa alat penglihatan, pendengaran hingga kursi roda,” jelas Gatot.

Dikatakannya, bagi masyarakat yang membutuhkan kursi roda, agar lapor ke Kodim atau ke Babinsa dan Koramil, syaratnya cuma bawa KK sama surat keterangan RT/RW.

Lebih lanjut Pasiter Gatot mengatakan, bahwa Baksos ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Cilegon dan sekitarnya dengan merubah kondisi kesehatan masyarakat agar lebih baik.

“Tim medis kita kerjasama dengan Dinkes Kabupaten Serang. Tujuannya memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang kurang mampu, sakit atau kurang dalam penglihatan, kita obati agar warga kita bisa melihat dengan cerah. Kita tekankan jangan sampai warga yang miskin tidak terdata. Itulah tujuan diselenggarakannya baksos kesehatan agar warga bisa melihat seperti kita,” pungkasnya.

TNI yang yang berasal dari Rakyat, berjuang untuk Rakyat dan kembali ke Rakyat. Sudah selayaknya TNI berbakti kepada Rakyat. Karena TNI tidak akan menjadi kuat dan hebat tanpa rakyat. (*)

 

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien