Sinergi Jaga Kondusifitas Pemilu, Haji Muhib Gagas Sosialisasi Caleg Lintas Partai

CILEGON – Sangat jarang ada Calon Legislatif (Caleg) yang berada dalam satu wilayah kelurahan atau lingkup lingkungan, mau dan bisa duduk bareng untuk menyapa masyarakat dalam melakukan tahapan sosialisasi Pemilu 2019 yang akan digelar pada 17 April mendatang.

Seperti yang dilakukan Caleg-caleg DPRD Kota Cilegon dari Dapil I (Cibeber-Cilegon) yang sama-sama berdomisili di Link. Palas, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon dalam acara Silaturahmi dan Sosialisasi pada Senin (18/2/2019) malam.

Bahkan hal itu dilakukan oleh Caleg yang berbeda partai, sebagai kendaraan politiknya. Adalah Tb Maman Sutrisno dari Partai Bulan Bintang (PBB) dan Iyus Mahrus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang berkolaborasi dalam mengajak warga bersinergi untuk membangun Kota Cilegon.

“Alhamdulillah kita bisa duduk bareng menyapa warga di sekeliling dalam silaturahmi dan sosialisasi di kampung sendiri. Dengan kolaborasi ini kita ingin sinergi, menciptakan pemilu yang kondusif. Ya kalau ada yang dekat kenapa harus yang jauh,” kata Tb Maman Sutrisno.

Sedangkan menurut Iyus Mahrus, dengan kegiatan sosialisasi yang dilakukannya bersama Caleg beda partai ini, adalah bagian dari upaya membantu tugas KPU untuk menghasilkan Pemilu yang kondusif.

Sankyu ks

“Intinya kita silaturahmi. Dan sosialisasi ini secara tidak langsung membantu tugas KPU. Pileg sekarang kan beda karena digabung dengan Pilpres, jadi ada 5 Surat Suara yang mungkin banyak masyarakat kita yang belum tahu,” terangnya.

Tidak tampak suasana persaingan politik pada acara yang digagas oleh Caleg DPRD Provinsi Banten dari Partai Demokrat, Haji Muhibudin, yang mengenalkan dirinya kepada warga dengan menggandeng Caleg dari wilayah yang dikunjunginya, meskipun dari partai yang berbeda.

Menurut Haji Muhib, hal itu dilakukan sebagai edukasi politik yang baik kepada masyarakat. Selain itu pihaknya juga menjalankan demokrasi yang kontekstual dengan tidak menghilangkan nilai-nilai kultural, demi terciptanya iklim Pemilu 2019 yang damai dan kondusif di Kota Cilegon.

Dalam acara sosialisasi Caleg lintas partai tersebut, selain dihadiri oleh tokoh masyarakat, ketua RT-RW di Kelurahan Bendungan, juga dihadiri ratusan warga yang antusias mengikuti hingga usai acara.

“Gagasan Pak Haji Muhib ini bagus sekali, warga kita jadi kenal dan tahu motivasi Caleg-caleg dari lingkungan sendiri. Saya kira ini jarang ada tempat lain,” kata Ketua RT 02/01 kepada faktabanten.co.id saat dimintai tanggapannya. (*/Ilung)

[socialpoll id=”2521136″]