Cegah Penyakit Menular Zoonosis, Anggota Dewan Ini Dukung Program Germas

SERANG – Zoonosis atau penyakit yang ditularkan hewan ke manusia terus muncul,beberapa penyakit menular itu antara lain rabies, anthrax, leptospirosis ( kencing tikus ) dan flu burung.

Virus rabies menginfeksi sistem saraf pusat hewan berdarah panas seperti anjing, kucing, kelelawar, dan lainnya.

Sebagian besar penularan rabies terjadi melalui gigitan anjing yang terinfeksi. Virus rabies dikeluarkan bersama air liur hewan yang terinfeksi dan ditularkan melalui gigitan atau jilatan.

Selain itu penyakit leptospirosis adalah kencing tikus yang masuk melalui bakteri leptospira, begitu juga dengan anthrax dan flu burung yang sangat berbahaya bagi manusia.

drh. Sitti Ganefa Pakki, Kasubdit Zoonosis Kementerian Kesehatan RI, menjelaskan, melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diterapkan secara nyata di tengah masyarakat, kita bisa mencegah peningkatan penyakit zoonosis ini.

“Tujuannya agar masyarakat berperilaku hidup sehat dan menjaga lingkungan bersih,” katanya dalam sosialisasi Germas di Kota Serang, Senin (18/2/2019).

Ks nu

Germas ini ditekankan oleh Sitti Ganefa, harus dijadikan kebiasaan dalam diri sendiri, kemudian diperluas ke masyarakat dan lingkungan. Karenanya Germas jangan hanya jadi konsep saja, tetapi harus disosialisasikan secara massif ke masyarakat.

Anggota DPR RI, Kartika Yudhisti, memberikan semangat dan dukungan terhadap program Germas Kemenkes RI / Dok

Sementara Anggota Komisi IX DPR RI, Kartika Yudhisti menegaskan dirinya sangat mendukung program Germas yang diadakan bersama mitra kerjanya di komisi IX yaitu kementerian kesehatan.

“Dalam kaitannya dengan penyakit menular yang telah dijelaskan oleh ibu drh. Sitti Ganefa, akhir – akhir ini terjadi wabah atau kejadian luar biasa leptospirosis di beberapa provinsi di Indonesia. Wabah ini pernah terjadi di Banten, pada tahun 2018-2019 tercatat 104 kejadian dengan 26 orang meninggal dunia,” ujar Politisi PPP ini.

Kartika mengatakan perlunya dilakukan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat agar masyarakat lebih peduli, mengerti apa saja penyakit menular itu dan bagaimana cara pencegahan maupun mengobatinya.

“Untuk mengedukasi masyarakat mau berperilaku hidup sehat, maka perlu diarahkan pada Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yakni melalui program Germas,” tandas Legislator asal Dapil Banten II . (*/Red)

[socialpoll id=”2521136″]

Cibeber nu