Soal Truk Yang Diputar Balik, Kapospam Ciwandan Sebut Itu Sopir Bandel

 

CILEGON – Adanya pengalihan truk yang hendak menunju Pelabuhan Ciwandan Rabu (19/4/2023) sekitar pukul 12.00 WIB oleh Kepolisian jaga lantaran adanya aturan SKB antara Dirjen Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalulintas Polri dan Dirjen Bina Marga.

Meski begitu, masih saja ada truk muatan selain sembako dan ternak melewati jalur Pelabuhan Ciwandan.

Padahal SKB terkait Layanan Arus Mudik Tahun 2023 Pelabuhan Ciwandan sudah melarang itu. Sehingga pihak Kepolisian yang bertugas memberlakukan kebijakan putar balik kendaraan.

Menurut Kapospam Ciwandan Kompol Fauzan Afifi, seharusnya truk bermuatan selain sembako dan ternak sudah tidak lagi melewati Pelabuhan Ciwandan saat ini. Meski begitu harus didukung dengan sistem layanan tiket online ferizy.

“Sebenarnya sudah ada SKB yang dikeluarkan oleh 3 instansi, tapi kenyataannya sistem pembelian tiket online ferizy masih menyediakan itu, sehingga menjadi kontraproduktif di lapangan untuk melakukan putar balik. Karena yang kita mau putra balikan itu sudah memiliki tiket.” katanya, Rabu (19/4/2023) malam.

Advertorial

Advertorial

Karena itu dirinya berharap, sistem harus searah, jangan sampai kebijakan putra arah diberlakukan, sementara sistem penjualan tiket untuk kendaraan truk pengangkut selain sembako dan ternak masih berjalan

“Nah peristiwa tadi siang itu, sebenarnya supir supir yang membandel saja. Padahal mereka tahu adanya larangan tetapi mereka masih tetap memaksa lewat jalur ini.” terangnya.

Terkait kondisi arus mudik untuk R2, masih dalam keadaan landai meski sempat terjadi lonjakan kemarin. Prediksi puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi mulai malam ini sampai besok.

“Prinsipnya malam ini dan besok malam puncaknya untuk R2. Sementara sejauh ini, sekitar pukul 20.30 WIB masih landai dan normal, belum ada peningkatan yang signifikan.” terangnya.

Oleh sebab itu, Fauzan Afifi menghimbau pemudik yang menggunakan R2 khususnya, lebih berhati-hati terhadap barang bawaan, juga ekstra hati-hati jika membawa anak kecil. Untuk diketahui jika pemudik menemui kendala terkait proses mudik, Pospam Ciwandan siap membantu dengan tangan terbuka.

Sebagai informasi, untuk Layanan Arus Mudik Lebaran Tahun 2023 di Pelabuhan Ciwandan bagi kendaraan R2 dimulai sejak tanggal 15 – 21 yang dilayani dari Ciwandan – Bakauheni. Untuk tanggal 19-21 ditambah pelayanan Ciwandan – Panjang.

Sementara, pelayanan Truk Gol V B (R4) dilayani dari sejak tanggal 18 – 21 April melalui Pelabuhan Ciwandan. Selebihnya, L ayanan Truk Gol VI B (R6/lebih) sudah dimulai sejak tanggal 15 – 21, dan dilayani melalui Pelabuhan Ciwandan. Pemberlakukan itu dimulai sejak H-7 Lebaran, tanggal 15 April – 1 Mei 2023. (*/Wan)