UN Tingkat SMK di Cilegon, Mayoritas Siswa Melaksanakan dengan Sistem Komputer

Gerindra Nizar

CILEGON – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kota Cilegon hari ini Senin (3/4/2017) mulai melaksanakan Ujian Nasional.

Tahun ini penyelenggaraan UN terdapat dua sistem, diantaranya sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diikuti 8 SMK, dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) diikuti 13 SMK.

Ketua Sub Rayon SMK Kota Cilegon Widodo mengatakan, pelaksanaan ujian kali ini jumlahnya lebih banyak siswa yang melaksanakan UNBK dengan total 1.845 siswa, sedangkan UNKP diikuti oleh 1.479 siswa.

Fraksi serang
Fraksi

“UNBK dilaksanakan oleh sekolah yang memiliki komputer pendukung, sedangkan sekolah yang belum memiliki kelengkapan komputer menggunakan sistem kertas,” kata Widodo yang juga menjabat sebagai Kepala SMKN 1 Cilegon.

Disebutkan Widodo, 8 sekolah di Cilegon yang mengikuti UNBK yakni SMKN 1 Cilegon, SMKN 2 Cilegon, SMKN 3 Cilegon, SMKN 4 Cilegon, SMK YP Fatahillah 2, SMK YPWKS, SMK YP 17, dan SMK Darul Sifah.

“Sebagai antisipasi jalannya pelaksanaan UNBK, kami dari jauh-jauh hari sudah memberikan pemberitahuan kepada PLN untuk tidak melakukan pemadaman listrik, dan serta provider agar jaringan internet stabil,” kata Widodo.

Pelaksanaan Ujian Nasional SMK dilaksanakan dari tanggal 3 sampai 6 April 2017. Sementara ujian untuk tingkat SMA dan Madrasah Aliyah akan dilaksanakan pada 10-14 April 2017. (*)

Gerindra kuswandi