Walikota Cilegon Diajak PT PCM Kunjungan ke Surabaya, Pelajari Pelabuhan Maspion

Gerindra Nizar

CILEGON – Akhir pekan ini, Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi bersama rombongan dari PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) akan melihat salah satu pelabuhan cargo di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Menurut Walikota, pelabuhan yang akan dikunjunginya tersebut akan menjadi rujukan pembangunan pelabuhan milik Pemkot Cilegon yang rencananya akan dibangun di Kelurahan Warnasari Kecamatan Citangkil.

“Saya ke Surabaya diajak PCM, mau lihat pelabuhan milik Maspion, katanya konsepnya sederhana tapi bagus,” ujar Tb Iman.

Fraksi serang

Pelabuhan Maspion sendiri merupakan pelabuhan cargo yang terintegrasi dengan kawasan industri Maspion Group yang berlokasi di Gresik. Pelabuhan yang mulai beroperasi 2015 ini dikelola oleh PT Siam Maspion Terminal (SMT) dengan kapasitas dermaga 100 ribu ton per tahun.

Fraksi

PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) saat ini sedang mematangkan konsep join investasi dengan PT Tirta Indra Kencana (TIK) untuk membangun Pelabuhan Warnasari.

Walikota Cilegon juga mengaku telah menyerahkan sepenuhnya kebijakan dan strategi untuk pembangunan pelabuhan tersebut ke BUMD yang saat ini dipimpin Zamhari Hamid mantan Dirut PT KBS.

Sedangkan Walikota Cilegon memasang target untuk ground breaking pembangunan Pelabuhan Warnasari pada Maret 2017 ini.

“Maret kita maunya ground breaking, investasi kita harus keluarkan biaya. Ya PCM yang harus cari uang, kita kasih ijin buat pinjam ke bank. Katanya mereka siap buat itu, karena pembiayaan bukan dari APBD,” pungkas Iman. (*)

Gerindra kuswandi