Walikota Cilegon Hadiri Forum Kepala Daerah dan 100 CEO di Istana Negara

 

JAKARTA – Walikota Cilegon Helldy Agustian turut andil dalam pertemuan bersama 10 kepala daerah dan 100 CEO perusahaan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Acara yang dikemas dalam Kompas100 CEO Forum powered by East Ventures tersebut mengangkat tema ‘Membuat Terang di Tahun Menantang’.

Para CEO dan kepala daerah berdiskusi langsung dengan Presiden Joko Widodo untuk menggali tantangan dan peluang guna pemulihan ekonomi di tahun 2023.

Acara terbagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama adalah diskusi panel menghadirkan tiga narasumber dari pemerintah, ketiga narasumber itu antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, serta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Sesi kedua adalah dialog dengan Presiden Joko Widodo dimana para CEO menyampaikan tantangan utama, rencana bisnis, dan harapan mereka untuk pemulihan ekonomi di tahun 2023.

Dalam pidatonya Presiden Jokowi menyampaikan, Indonesia memiliki sumber daya alam besar, disertai sumber daya manusia yang dimana nanti akan muncul bonus demografi pada 2030.

Ks nu

“Oleh sebab itu, saya ingin menyampaikan optimisme yang kita hadapi ke depan. Kenapa kita harus optimis? Berkali-kali saya sampaikan, kita ini memiliki potensi besar, memiliki kekuatan besar, tapi sering kita lupakan,” ujar Jokowi.

Menurutnya, ini kekuatan Indonesia yang sering tidak disadari, termasuk bahwa posisi Indonesia berada di jalur perdagangan dunia.

Karena itu, kekuatan inilah yang harus diingat-ingat terus dalam rangka membangun sebuah strategi besar ekonomi negara.

“Hal ini agar kita bisa mencapai visi yang kita inginkan, memang sudah lama kita menyatakan ekonomi Indonesia terbuka, iya. Keterbukaan ekonomi iya, tapi jangan keliru mengartikan keterbukaan ekonomi,” paparnya.

Sementara itu, dalam unggahan instagram pribadinya, Walikota Helldy Agustian mengucapkan terima kasih kepada Kompas yang telah memberikan kesempatannya untuk hadir dalam forum yang luar biasa tersebut.

Selain itu setelah menerima arahan Presiden Jokowi, Helldy mengaku semakin optimis membawa perubahan Kota Cilegon dalam pemulihan ekonomi di tahun 2023 mendatang.

“Pagi tadi saya hadir dalam acara Kompas 100 CEO Forum ke 13 Tahun 2022 di Istana Merdeka. Acara ini juga dihadiri langsung oleh Bapak Presiden RI,” cuitnya. (*/Nas)

Cibeber nu