Ks pwi

Walikota Cilegon Nilai Pengusaha Lokal Tak Siap dengan E-Katalog Pengadaan Barang/Jasa

Pemprov

CILEGON – Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi menganggap bahwa proses transparansi mengenai penyediaan barang dan jasa di lingkungan APBD Kota Cilegon akan berbenturan dengan profesionalisme pengusaha lokal.

Dirinya meyakini bahwa pengusaha lokal tidak siap dengan situasi tersebut.

“Semangatnya berbenturan dengan sosiokultur yang ada di berbagai daerah, pengusaha lokal tidak akan siap bersaing dengan pengusaha-pengusaha nasional,” ungkap Iman usai memberikan sambutan dalam acara sosialisasi E-Katalog dan E-Purchasing di Hotel Mangku Putra Cilegon, Kamis (29/3/2017).

Maulid

Namun apapun yang sudah terjadi adalah sebuah aturan yang tetap harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Iman juga menyindir bahwa tatanan kebijakan pemerintah saat ini didorong sesuai konsep otonomi daerah, namun pada kenyataannya masih terkesan centralistik.

Diketahui, terkait sistem pengadaan barag dan jasa, pemerintah sejak beberapa tahun belakangan ini mulai menggalakkan E-Katalog yang disusun oleh LKPP. Dengan adanya E-Katalog ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kecurangan dalam pengadaan barang dan jasa.

Akan tetapi, E-Katalog ini juga harus terus dikembangkan dan diupdate oleh LKPP sehingga tidak hanya ada di pusat kota tapi juga di daerah-daeah. Jadi dikembangkan ekatalog daerah, sehingga dana APBD di daerah bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah tersebut. (*)