Walikota Helldy Minta Warga Pastikan Keamanan Rumah Sebelum Ditinggal Mudik

Loading...

 

CILEGON – Walikota Cilegon Helldy Agustian mengimbau warga Kota Cilegon untuk memastikan keamanan rumah sebelum ditinggalkan mudik Lebaran.

Menurut Helldy, kejahatan bisa terjadi karena adanya niat dan kesempatan. Bila kesempatannya dipersempit dengan berbagai upaya pengamanan, diharapkan kejahatan bisa diminimalisasi.

“Untuk masyarakat yang mudik kami memohon supaya melapor ke RT dan RW agar supaya lingkungan tau bahwa rumah Anda kosong ditinggal mudik,” kata Helldy saat menghadiri Penyerahan Bingkisan Ramadhan untuk Balita Gizi Buruk atau Stunting di Rumah Balita Lingkungan Palas, Kecamatan Cilegon, Kamis, 4 April 2024.

Keamanan rumah yang dimaksud di antaranya memastikan tak ada arus listrik pada peralatan elektronik, dan kunci rumah sebelum ditinggalkan atau titipkan rumah kepada petugas keamanan setempat.

“RT dan RW akan berkolaborasi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas agar supaya dijaga dan ingat sebelum meninggalkan rumah kompor dan lainnya harus diperiksa, listrik dinyalain yang luarnya aja tidak papa,” ujarnya.

PCM

Selain itu, Helldy juga mengimbau bagi warga Kota Cilegon yang akan melakukan perjalanan mudik untuk selalu berhati-hati, terutama pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.

“Kami mengimbau hati-hati di jalan karena pemudik tahun ini meningkat pesat diperkirakan secara nasional cukup signifikan ada kenaikan kurang lebih 56 persen,” ucapnya.

Ditambahkannya, sebelum maupun saat menempuh perjalanan. Masyarakat diminta memastikan kondisi fisik prima dan kendaraan yang bakal digunakan dalam keadaan baik.

“Kalau ada yang mudik menggunakan motor kami mengimbau untuk istirahat apabila perjalanan masih panjang. Kami doakan semoga bisa kembali lagi ke Cilegon dengan selamat,” tambahnya.

Sementara itu, saat Gelar Pasukan Operasi Ketupat Maung di depan Polres Cilegon, Ketua Tim Gakkum Polres Cilegon AKP Syamsul Bahri mengatakan bahwa pihaknya membuka penitipan barang di Satreskrim Polres Cilegon. Hal itu untuk memberikan keamanan barang yang ditinggalkan saat ditinggal mudik.

“Saya informasikan kepada masyarakat apabila mau mudik, dan ingin menitipkan motor bisa ke Polres Cilegon dengan syarat fotocopy STNK serta kendaraannya semuanya gratis tidak dipungut biaya,” kata Kasatreskrim Polres Cilegon itu. (*/Red)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien