Eks Kepala Daerah di Banten yang Lolos ke DPR, Suara Adik Ipar Ratu Atut Paling Banyak

BPRS CM tabungan

SERANG – Sebanyak tujuh mantan kepala daerah di Provinsi Banten bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 memperebutkan kursi DPR RI. Hasilnya, hanya tiga orang yang lolos ke Senayan.

Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Provinsi Banten, hanya mantan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, dan dua mantan Gubernur Banten Rano Karno serta Wahidin Halim (WH) yang mendapatkan kursi DPR RI.

1. Airin Rachmi Diany

Airin adalah mantan Walikota Tangsel yang maju sebagai Caleg DPR RI dari Golkar dengan nomor urut 1. Airin maju di Dapil Banten III yang meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Airin bersaing dengan dua mantan Gubernur Banten, yakni Rano Karno dan Wahidin Halim.

Berdasarkan rekapitulasi KPU, perolehan suara Airin terbanyak di Dapil Banten tersebut. Adik ipar Eks Gubernur Banten Ratu Atut ini meraup 302.878 suara.

Loading...

2. Rano Karno

Rano Karno merupakan mantan Gubernur Banten tahun 2015-2017 yang kembali maju di Pileg 2024. Ia juga adalah Caleg petahana dari PDIP yang sebelumnya mendapatkan suara terbanyak di Dapil Banten III pada Pemilu 2019 lalu.

Pada Pileg 2024, Rano dengan nomor urut 1 ini hanya mendapatkan 149.397 suara. Perolehan suaranya kali ini masih di bawah Arin.

3. Wahidin Halim (WH)

WH juga merupakan mantan Gubernur Banten periode 2017-2022, sekaligus mantan Walikota Tangerang dua periode yang maju di Pileg 2024 Dapil Banten III.

WH maju dari Partai NasDem nomor urut 1. WH mendapatkan suara terbanyak di partainya dengan angka 104.946. Jumlah tersebut membuatnya akan duduk di kursi DPR RI. (*/Faqih)

Gerindra Banten Idul Adha
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien