Kader Prabowo Disebut Bakal Terdepak dari Pilgub Banten, Pengamat: Dipaksa Menyerah untuk Tak Ganggu Airin

Hut bhayangkara

SERANG – Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul menyebut, bakal calon Gubernur (Bacagub) Banten Airin Rachmi Diany memiliki koneksi politik yang kekuatan. Koneksi itu juga dinilai akan membuat Ketum Gerindra Prabowo Subianto mendukungnya di Pilgub Banten 2024.

“Dengan koneksi politik Airin yang kuat di elite pusat, dia ketua TKD, Prabowo sering bilang Ibu Gubernur Ibu Gubernur begitu. Saya malah meyakini Andra Soni ini bakal dipaksa menyerah untuk tidak mengganggu Airin, keyakinan saya begitu,” ujar Adib, pada Selasa, (25/6/2024).

Keyakinannya dianggap wajar lantaran sosok Andra hanya berpeluang menjadi calon Wakil Gubernur Banten. Andra sendiri sudah mendapatkan tugas dari Gerindra untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Banten.

“Penguasaan suara (Andra) di Banten sana (Tangerang Raya) juga tidak kuat, politik itung-itungannya realisitis juga. Jadi itu alasan dasar saya bisa juga dia dipaksa menyerah, untuk menerima Airin tanpa syarat, Partai ikut tapi Andra malah bisa disuruh minggir,” ungkapnya.

“Andra inikan paling top peluangnya hanya calon Wakil Gubernur. Kalau Gubernur itu Airin, WH, Arief, Zaki, Tatu, Iti itu saya kira,” tambah dia.

Loading...

Menurutnya, jika Andra dipaksakan mencalonkan diri sebagai Gubernur Banten, maka hanya akan mengantarkannya kepada kekalahan.

“Kalau Andra Soni didorong untuk menjadi calon Gubernur dan siapa yang mendampingi saya kira ini bunuh diri politik Gerindra, gak ngangkat bos. Partai juga realistis, peluang menangnya berapa persen, Gerindra tidak mencukupi untuk mendukungi calonnya harus berkoalisi,” sebutnya.

Ia memprediksi, Andra juga sulit didukung oleh partai-partai lainnya. Termasuk partai yang ada dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang dibuat untuk memenangkan Prabowo -Gibran di Pilpres 2024 lalu.

“Saya kira politik realistis, matematis, mereka menghindari bunuh diri politik,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menginstruksikan kepada Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Banten untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub Banten) 2024. Menurutnya, Gerindra lebih percaya diri mengusung kadernya.

“Sudah cukup waktunya, oleh karena itu dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim pada hari ini saya dengan persetujuan kawan-kawan sekalian meminta kepada Bapak Andra Soni Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Banten untuk maju Pilgub Banten,” ujar Dasco saat sambutan pada konsolidasi bersama kader Gerindra Kota Tangerang Selatan di Hotel Trembesi, BSD, Rabu, (19/6/2024) lalu. (*/Faqih)

Ks rc
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien