3 Caleg PKB di Banten Dukung Prabowo-Gibran, Pengamat: Tidak Solid

SERANG – Tiga calon Anggota Legislatif (Caleg) daribPartai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Provinsi Banten mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Capres dan Cawapres nomor 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Deklarasi dukungan ketiga Caleg PKB itu dilakukan di Posko Relawan Santri Milenial Banten, Kebun Kebangsaan, Walantaka, Kota Serang, Rabu, (17/1/2024) kemarin.

Ketiga calon wakil rakyat PKB di antaranya dua Caleg DPRD Provinsi Banten Dapil Pandeglang, yakni Enung Nurhayati dan Euis Rahmawati, dan satu Caleg DPRD Kabupaten Pandeglang Sapil 6 bernama Eni Suheni.

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul berpendapat, dukungan Caleg PKB kepada Prabowo-Gibran merupakan bukti tidak solidnya partai pendukung pasangan Capres dan Cawapres nomor 1, Anies Baswedan-Muhaimin di Provinsi Banten.

“Fenomena politis yang menurut saya akan terus terjadi. Ternyata 01 (Anies-Muhaimin) di Banten tidak kuat, kalau Calegnya mendukung pasangan yang lain inikan tidak solid 01 di Banten,” ujar Adib saat dikonfirmasi, (18/1/2024).

Menurutnya, dukungan Caleg PKB ke pasangan lain itu menunjukkan bila pendukung Anies dan Muhaimin belum sepenuhnya islah.

“Ketika bicara solid hanya di elite, di akar rumput belum tentu, karena pendukung Cak Imin itu DNA-nya beda, bagaikan minyak dan air. PKB  misalnya disupport oleh NU, Anies inikan dicap sebagai kebanyakan didukung Islam kelompok kanan misalnya,” katanya. (*/Faqih)

Honda