Kadisnaker Banten Sebut 3 Perusahaan Besar di Kabupaten Serang Bakal Hengkang

 

SERANG – Tiga perusahaan besar yang menyerap tenaga kerja puluhan ribu orang akan hengkang dari Kabupaten Serang, Banten, pada 2023 mendatang.

Ketiganya yakni PT Nikomas Gemilang, PT KMK Global Sport dan PT Parkland World Indonesia (PWI), pindah ke Jawa Tengah. Untuk PT Nikomas Gemilang akan pindah pabriknya ke Pekalongan.

PT KMK Global Sport pindah ke Salatiga dan Temanggung. Kemudian PT PWI 1 dan 1 pindah ke Pati.

“Nikomas ke Pekalongan, KMK ke Salatiga sama Temanggung, PWI 1 sama 2 di Pati. Industri besar, padat karya. Nikomas aja sekarang 54 ribu (karyawan) di dalem, kalau sudah hengkang kita enggak tahu disisakan berapa (pegawai) di sini,” Kepala Disnakertrans Banten, Septo Kalnadi dikutip dari viva, Kamis (10/11/2022).

Ks nu

Hengkangnya tiga pabrik besar dengan karyawan puluhan ribu akan menambah angka pengangguran di Banten.

Kemudian, memberikan efek domino besar di ujung barat Pulau Jawa, seperti banyaknya warung hingga kosan yang tutup.

Selain itu, usaha penyedia makanan yang biasa memasok ke perusahaan itu kemungkinan besar akan gulung tikar. Akibatnya, pertumbuhan ekonomi terancam turun.

“Terus warung tempat dia belanja, kosan-kosannya sudah pasti kosong. Ya efek dominonya begitu (berpengaruh ke ekonomi). Ada berapa katering di situ, itu kan nanti sama aja, berhenti kan usaha merekanya,” terangnya.

Meski ada investasi masuk ke wilayah Banten, terutama di Kota Cilegon yang bisa menyerap tenaga kerja, namun diprediksi tidak mampu mengurangi angka pengangguran dari ketiga perusahaan yang hengkang itu, lantaran perusahaan di Kota Baja akan beroperasi pada 2025 mendatang.

“Di Cilegon, Chandra Asri, Lotte, itu kan baru beroperasi tahun 2025, kondisi perekonomian begini, ya kepikiran,” jelasnya. (*/Viva)

Cibeber nu